PT. EQUITYWORLD FUTURES – Harga emas menguat di awal perdagangan Eropa pada hari Jumat didukung oleh dolar AS yang cenderung melemah, tetapi logam mulia tetap dekat di level terendah tiga minggu di tengah indikasi bahwa Federal Reserve bisa menaikkan suku bunga sebelum akhir tahun.

Di divisi Comex New York Mercantile Exchange, emas berjangka untuk pengiriman Desember naik 0,17% pada $ 1,149.40. Kontrak Desember berakhir pada sesi hari Kamis turun 2,45%  pada $ 1,147.30 per ounce.

EQUITY WORLD Kemungkinan besar emas akan menguji support di level $ 1,138.70, level terendah pada 8 Oktober dan resistance pada level $ 1,162.00, level tertinggi pada hari Kamis.

Dolar berada di bawah tekanan setelah Departemen Perdagangan melaporkan pada hari Kamis bahwa produk domestik bruto AS tumbuh pada tingkat tahunan sebesar 1,5% dalam tiga bulan hingga September, di bawah ekspektasi untuk pertumbuhan 1,6%.

Selain itu, National Association of Realtors AS mengatakan indeks penjualan rumah tertunda turun 2,3% bulan lalu, hasil yang mengecewakan untuk kenaikan sebesar 1,0%.

Greenback telah menguat setelah pernyataan Federal Reserve pada hari Rabu yang mengatakan bahwa para pejabat mungkin membuat keputusan untuk menaikkan suku bunga pada pertemuan Desember mereka.

Ekspektasi suku bunga pinjaman yang lebih tinggi dianggap bearish untuk emas, Equity world  karena logam mulia berjuang untuk bersaing dengan aset yield-bearing ketika harga sedang meningkat.

Pelaku pasar kini melihat ke depan untuk laporan tenaga kerja dan pengeluaran pribadi AS di kemudian hari, untuk indikasi lebih lanjut pada kekuatan ekonomi.