PT. EQUITYWORLD FUTURES –Harga emas tetap stabil pada hari Kamis setelah jatuh ke posisi 1-1/2 pekan terendah sehari sebelumnya, didukung oleh pelemah dolar di tengah ketidakpastian atas kebijakan ekonomi dan perdagangan AS di bawah Presiden Donald Trump.

Harga spot emas menguat ke $ 1.201 per ons pada pukul 07:46 pagi WIB. Pada hari Rabu, harga spot emas mencapai level terendah sejak 13 Januari di $ 1,192.74.

EQUITY WORLD Emas berjangka AS naik 0,3 persen, juga bertahan di sekitar $ 1.201 per ons.

Dow Jones ditutup di atas level 20.000 untuk pertama kalinya semalam, didorong oleh pendapatan perusahaan yang kuat.

Namun, pasar mata uang lebih terfokus pada proteksionisme perdagangan Trump dan dampak negatif yang bisa saja pada dolar.

Indeks dolar, yang mengukur greenback terhadap sekeranjang mata uang, turun 0,2 persen menjadi 99,846.

Peneliti Bank Sentral Eropa mengatakan kebijakan moneter lag lagi bekerja dengan dari biasanya dalam kondisi ekonomi saat ini, meskipun sifat dasar inflasi tidak berubah.

AS aktivitas aplikasi pinjaman untuk pembelian rumah naik pekan lalu ke level tertinggi sejak awal Juni bahkan sebagai biaya pinjaman meningkat untuk pertama kalinya dalam empat minggu, Equity world menurut data Mortgage Bankers Association yang dirilis pada hari Rabu.

Kepemilikan SPDR Gold Trust, exchange-traded fund berbasis emas, turun 0,63 persen menjadi 799,07 ton pada hari Rabu dari 804,11 ton pada hari Selasa.

Produksi emas China tahun 2016 naik 0,76 persen dari tahun sebelumnya ke 453,49 ton, menurut China Gold Association, pada hari Rabu.(frk)

Sumber: Reuters