PT.EQUITYWORLD FUTURES Jika Anda melihat penambang emas, berhenti. Anda perlu mempertimbangkan perusahaan streaming seperti Royal Gold, Franco-Nevada, dan Wheaton Precious Metals.

Harga emas telah jatuh tahun ini, yang merupakan angin sakal utama bagi penambang emas. Ini juga salah satu alasan utama mengapa investor harus melihat pada perusahaan streaming dan royalti seperti Royal Gold Inc. (NASDAQ: RGLD), Franco-Nevada Corporation (NYSE: FNV), dan Wheaton Precious Metals Corp. (NYSE: WPM) . Mereka beroperasi dengan model bisnis yang sangat berbeda yang menunjukkan kekuatannya ketika waktu menjadi sulit.

Apa itu streaming?
Penambang harus menemukan lokasi dengan emas, membangun tambang, menggali emas, dan kemudian, ketika emas telah habis, tutup tambang. Secara umum, ini adalah proses yang rumit, berbahaya, dan mahal. Perusahaan-perusahaan streaming adalah mata rantai penting dalam proses penambangan emas, tetapi mereka tidak terlibat dalam hal-hal yang sulit. Mereka hanya memberikan uang kepada penambang, yang terbiasa membangun dan menjalankan tambang atau membayar utang. Sebagai gantinya, mereka mendapatkan hak untuk membeli logam mulia dengan potongan harga di masa depan.

Harga yang dibayarkan perusahaan streaming bisa sangat rendah. Misalnya, biaya rata-rata Wheaton untuk perak adalah sekitar $ 4,50 per ounce. Untuk emas, ia membayar sekitar $ 400 per ounce. Itu dibandingkan dengan realisasi harga jual sekitar $ 16,50 per ons perak pada kuartal kedua 2018 dan $ 1.300 per ounce emas. Kunci takeaway adalah perusahaan streaming memiliki margin yang sangat lebar, fakta yang tetap berlaku di pasar emas yang bagus dan buruk karena biaya mereka biasanya ditetapkan sebagai persentase dari harga spot. Penambang sering melihat margin mereka runtuh (atau berubah negatif) di pasar yang buruk karena mereka harus menyesuaikan biaya operasi mereka, yang merupakan proses yang sulit dan memakan waktu.

Jadi ketika perusahaan-perusahaan streaming telah melihat saham mereka jatuh bersama dengan harga penambang emas dan emas, model bisnis mereka yang diuntungkan membuat mereka menjadi investasi jangka panjang yang lebih memikat.

Apa yang telah Anda lakukan untuk saya akhir-akhir ini?
Royal Gold telah memasang angka yang sangat kuat meskipun ada penurunan emas. Pada fiskal 2018, yang berakhir Juni lalu, perusahaan streaming melaporkan pendapatan, arus kas, dan produksi ounce setara emas. Meskipun harga emas telah melemah, perusahaan memiliki sejumlah katalis yang mendukung prospek yang solid untuk 2019, termasuk investasi dalam tiga proyek tambang yang diharapkan mulai menambah pendapatan selama tahun fiskal.

Perhatikan bahwa investasi ini telah dibuat, jadi tidak ada uang tunai baru yang dibutuhkan. Royal Gold hanya harus menunggu para penambang menyelesaikan proyek. Sementara itu, Royal Gold telah menggunakan uang ekstra untuk membayar utang sehingga lebih siap untuk menyediakan dana untuk investasi baru di masa depan. Utang jatuh sebesar 40% besar pada fiskal 2018. Yang mengatakan, langkah ini akan membantu melindungi arus kas streamer dalam menghadapi harga emas yang lemah, juga, karena lebih sedikit utang berarti biaya bunga yang lebih rendah. Royal Gold berada dalam posisi yang baik karena memasuki tahun fiskal baru bahkan jika harga emas tetap lemah.

Masalah spesifik-tambang telah menyebabkan penurunan produksi di Franco-Nevada sejauh ini pada 2018. Memang, produksi ounce setara emas jatuh 12% menyakitkan pada semester pertama. Namun, streamer masih berhasil meningkatkan EBITDA per saham disesuaikan (naik 1%) meskipun angin sakal itu. Alasannya berbicara kepada salah satu pendekatan bisnis inti Franco-Nevada: diversifikasi.

Diversifikasi datang dalam dua bentuk di Franco-Nevada. Ia memiliki lebih banyak investasi ranjau daripada salah satu dari dua rekan utamanya. Tetapi juga menggunakan penurunan energi baru-baru ini untuk berinvestasi dalam royalti minyak dan gas alam. Bisnis itu telah meningkat, lebih dari dua kali lipat pendapatan tahun ke tahun di kuartal kedua, periode di mana energi menyumbang 14% dari garis atas. Kenaikan dalam bisnis ini telah mengimbangi kelemahan pada sisi logam mulia dan menyoroti nilai pendekatan Franco-Nevada yang lebih beragam. Yang mengatakan, jika Anda mencari perusahaan logam murni-bermain, streamer ini tidak akan menjadi pilihan terbaik.

Franco-Nevada tidak memiliki hutang jangka panjang pada neraca keuangannya, sehingga juga, berada dalam posisi keuangan yang sangat kuat. Dan dengan pertumbuhan di sisi energi yang diperkirakan akan terus berlanjut, sepertinya streamer ini dapat dengan mudah menangani kelemahan harga emas.

Wheaton Precious Metals adalah yang paling fokus dari trio ini, lebih suka berinvestasi di sejumlah kecil tambang besar. Kisah besar di Wheaton, bagaimanapun, adalah campuran produksi yang bergeser. Ketika perusahaan pertama kali memulai, hampir sepenuhnya berfokus pada perak. Ini telah semakin menambahkan emas ke dalam campuran, dengan membagi bahkan kira-kira antara dua hari ini. Upaya ini masih muncul di hasil perusahaan, dengan produksi perak turun 15% pada kuartal kedua dan produksi emas naik 7%.

Namun, emas hanyalah satu bagian dari persamaan. Sejauh tahun ini, Wheaton telah menandatangani dua penawaran streaming baru, membawa paladium dan, akhirnya, kobalt (diharapkan mulai menambah arus kas pada 2021) ke dalam campuran. Perusahaan memproyeksikan produksi emas datar untuk setahun penuh dan produksi perak yang lebih rendah, yang bukan berita bagus, terutama jika harga logam mulia lemah. Tapi ini adalah sesuatu dari periode transisi untuk Wheaton, yang mengharapkan untuk melihat pertumbuhan dalam produksi emas dan perak selama lima tahun ke depan seiring berjalannya investasi saat ini. Dan, di atas itu, adalah penambahan dua logam baru. Saham Wheaton telah dipukul lebih keras daripada Royal Gold atau Franco-Nevada, tetapi campuran produksi bergeser layak untuk dilihat dari dekat.

Lebih baik dari seorang penambang
Meskipun perusahaan streaming akan terkena dampak harga logam mulia yang lebih rendah, seperti halnya penambang, mereka beroperasi dengan model bisnis yang sangat berbeda. Harga rendah yang terkunci, biasanya ditetapkan sebagai persentase harga spot, membantu melindungi margin. Dan masing-masing perusahaan ini membuat perubahan penting hari ini untuk memajukan bisnis mereka. Upaya Royal Gold untuk mengurangi utang harus lebih melindungi margin dan mempersiapkannya untuk putaran investasi baru ketika peluang muncul. Investasi minyak oportunistik Franco-Nevada membayar dividen sekarang. Dan Wheaton melanjutkan usahanya untuk melakukan diversifikasi, membawa logam baru yang memperkuat prospek pertumbuhan produksi jangka panjangnya. Jika Anda melihat para penambang, mundur dan melihat pita-pita – Anda mungkin menemukan bahwa itu adalah opsi yang lebih baik untuk portofolio Anda.

Sumber Marketwatch, diedit oleh  PT Equityworld Futures Semarang