PT.EQUITYWORLD FUTURES Kekuatan dolar dan tekanan jual ringan dikombinasikan adalah kontributor utama penurunan harga emas hari ini. Emas berjangka dasar kontrak Agustus paling aktif saat ini turun $ 9,40, penurunan bersih lebih dari ¾%, dan tetap pada $ 1,222.40. Penurunan hari ini telah mengambil semua keuntungan hari kemarin dan sebagian lagi.

Meskipun emas telah diperdagangkan lebih rendah dari harga saat ini, secara intraday, ini adalah harga penutupan terendah untuk emas sejak penurunan dimulai pada pertengahan April tahun ini. Tepat satu minggu yang lalu hari ini, harga emas diperdagangkan ke level terendah tahun ini, mencapai titik harga $ 1,210.50 sebelum pulih dan ditutup pada sekitar $ 1,224 pada hari itu.

Itu adalah pernyataan Presiden Trump dan tweet yang menyebabkan emas pulih dari aksi jual Kamis lalu. Presiden berbicara tentang ketidakpuasannya dengan kebijakan moneter Federal Reserve saat ini dan kepemimpinan Jerome Powell.

Dalam wawancara dengan CNBC, presiden mengkritik kebijakan moneter The Fed dan kemudian menge-tweet pada hari berikutnya mengatakan, “Amerika Serikat tidak seharusnya dihukum karena kami melakukannya dengan sangat baik. Pengetatan sekarang menyakiti semua yang telah kita lakukan. AS harus diizinkan untuk menangkap kembali apa yang hilang karena manipulasi mata uang ilegal dan Transaksi BAD Perdagangan. Utang jatuh tempo & kami menaikkan suku bunga – Benarkah? ”

Pernyataannya dibuat selama wawancara CNBC, ditambah dengan tweet yang datang kemudian, pindah harga emas dari yang rendah $ 1.210 kembali ke $ 1.231 pada penutupan perdagangan pada hari Jumat pekan lalu.

Emas minggu ini telah diperdagangkan dalam kisaran perdagangan yang relatif sempit dan terdefinisi, dengan puncak di $ 1.235 per ounce, dan terendah sekitar $ 1,218. Harga emas rally kemarin, ditutup tepat di atas $ 1.231 per ounce. Kemudian dijual hari ini, ditutup pada titik harga terendah tahun ini.

Jelas bahwa kekuatan atau kelemahan dolar akan menjadi faktor yang paling mendominasi dalam hal nilai emas saat ini. Secara teknis, indeks dolar AS terus mencari resistensi utama di atas 95. Sejak pertengahan Juni, dolar telah menantang level resistensi lima kali dan ditutup di atas titik harga tersebut pada satu kesempatan.

Selama dolar tetap kuat, sangat tidak mungkin bahwa harga emas akan pulih secara substansial. Lebih mungkin bahwa harga emas sekali lagi akan menguji ulang terendah minggu lalu yang datang di sekitar $ 1.210 per ounce. Target kami saat ini sebesar $ 1,205 tetap utuh, sesuai dengan posisi terendah yang dicapai pada bulan Juli tahun lalu.

Sumber Marketwatch, edit by PT Equityworld Futures Semarang