PT Equityworld Futures – Manajer Keuangan memangkas posisi bearish mereka dalam emas selama minggu pelaporan terbaru untuk data yang dikumpulkan oleh Komisi Perdagangan Berjangka Komoditi, meskipun akun ini kemungkinan telah berbalik arah sejak dan mengumpulkan posisi bearish lagi, kata analis.

Selama periode minggu-lama hingga 6 November ditutup oleh laporan, Comex Desember emas naik $ 1 menjadi $ 1,226.30 per ounce, sementara perak Desember naik 3,8 sen menjadi $ 14,50.

Sejak 6 November, bagaimanapun, kedua logam telah jatuh lagi, itulah sebabnya pengamat mengatakan spekulan mungkin sekali lagi menjadi lebih pesimis terhadap harga. Pada 9:39 pagi EST, emas Desember berada di $ 1,205.50 per ons, sementara perak Desember berada di $ 14,04.

Baca Juga : Minyak Oversold

Posisi panjang atau pendek bersih dalam data CFTC mencerminkan perbedaan antara jumlah total kontrak bullish (panjang) dan bearish (pendek). Pedagang memantau data untuk mengukur suasana umum spekulan, meskipun angka yang terlalu tinggi atau rendah dipandang oleh banyak orang sebagai tanda pasar overbought atau oversold yang mungkin sudah matang untuk koreksi harga.

Laporan “terpilah” CFTC menunjukkan bahwa posisi net-short manajer uang jatuh ke 47.446 kontrak berjangka per 6 November dari 55.523 minggu sebelumnya. Sebagian besar penurunan adalah short covering, karena jumlah posisi short bruto turun 5.994 lot. Ada juga beberapa pembelian baru, karena jumlah total naik dengan 2.083.

Pialang komoditas SP Angel berkomentar bahwa data menunjukkan bahwa manajer uang “enggan bertaruh melawan emas” selama minggu pelaporan CFTC terbaru. TD Securities mengatakan bahwa “ekuitas dan prospek yang masih goyah [AS] politik] kemacetan mendorong para manajer uang untuk secara agresif menutup posisi-posisi pendek. ”

PT Equityworld Futures – Namun demikian, manajer uang cenderung meningkatkan postur bearish mereka sejak, kata Commerzbank.

“Meskipun investor keuangan spekulatif mengurangi posisi net-short mereka dalam emas agak dalam seminggu hingga 6 November, posisi pendek bersih kemungkinan telah meningkat lagi sementara itu mengingat bahwa harga telah jatuh sekitar $ 30 sejak saat itu,” bank Jerman kata.

TDS mengatakan “penegasan The Fed bahwa akan menempel ke jalur pendakian yang telah ditetapkan mendorong pasar untuk merevaluasi menurunkan tingkat pemogokan pada setiap potensi Powell – yang akhirnya membantu greenback menguat dan menantang harga emas. Dengan risiko ekor keluar dari jalan, kita tidak akan terkejut melihat emas panjang melanjutkan lintasan ke bawah untuk saat ini. ”

Dalam kasus perak, posisi net-short manajer uang jatuh ke 20.848 lot dari 25.176 minggu sebelumnya karena jumlah short covering melebihi likuidasi panjang. Posisi pendek bruto turun sebanyak 7.219 lot, sedangkan jumlah total penurunan turun 2.891

 

Sumber : Kitco, diedit oleh : PT Equityworld Futures Semarang