PT.EQUITYWORLD FUTURES Minyak berjangka menghapus penurunan kecil pada Jumat hingga akhir dengan kenaikan setelah data menunjukkan jumlah rig minyak AS tetap stabil untuk pekan ini.Minyak mentah West Texas Intermediate untuk pengiriman Februari di New York Mercantile Exchange naik 11 sen atau 0,2% menjadi US $ 58,47 per barel. Indeks acuan minyak AS membukukan kenaikan 2% untuk pekan ini, menandai kenaikan mingguan pertama dalam tiga pekan. Minyak mentah Brent Februari acuan minyak global, naik 35 sen atau 0,5%, berakhir pada $ 65,25 per barel, menandai kenaikan mingguan 3,2%. Volume terlihat baik menjelang liburan Natal hari Senin.

Gain WTI berjangka terlihat memperpanjang kenaikan beruntun menjadi empat sesi, sementara Brent telah bangkit untuk lima kali berturut-turut. Euro jatuh terhadap dolar pada hari Jumat setelah separatis Catalan memenangkan pemilihan regional, yang memicu kekhawatiran tentang kemungkinan pecahnya negara dengan ekonomi terbesar keempat zona euro tersebut.

Pemerintah Spanyol berharap bahwa pemilihan Catalan akan melemahkan kekuatan partai-partai pro-kemerdekaan untuk menguasai parlemen daerah dan mengakhiri kampanye mereka untuk memaksakan pemisahan. Namun, dengan 96 persen suara terhitung dalam pemungutan suara pemilihan parlemen daerah Catalonia, partai separatis terlihat memenangkan 70 kursi dari 135 kursi yang ada.

Euro turun 0,3 persen ke level $ 1,1835. Namun, mata uang bersama Eropa ini masih naik hampir 13 persen sepanjang tahun ini, berada di jalur untuk kinerja tahunan terbaiknya dalam 14 tahun.Dolar, sementara itu, sedikit tergerak oleh data ekonomi yang bervariatif hari Jumat.Analis mengatakan volume perdagangan tipis menjelang liburan Natal, dapat menyebabkan beberapa volatilitas.

Indeks dolar, yang mengukur mata uang AS terhadap sekeranjang enam saingan utama, naik 0,2 persen ke level 93.400. Tetapi untuk tahun ini, indeks tersebut turun 8,5 persen.Dolar stabil terhadap yen di level 113.37.Harga minyak turun pada hari Jumat, karena banyak pedagang bersiap lebih awal dan yang lainnya menguangkan menjelang liburan akhir pekan.

Minyak mentah West Texas Intermediate (WTI) untuk pengiriman Februari di New York Mercantile Exchange turun 27 sen atau 0,5 % ke level $ 58,09 per barel. Minyak mentah Brent untuk pengiriman bulan Februari sebagai minyak acuan global, merosot 26 sen atau 0,4 % ke level $ 64,64 per barel.

Sementara para analis memperkirakan sebuah minggu yang sepi setelah Natal, banyak yang mengatakan bahwa mereka akan melihat apakah Sistem Pipa Forties di Laut Utara akan beroperasi penuh pada awal Tahun Baru.Pipa tersebut ditutup pada minggu lalu setelah operator Ineos menemukan celah rambut di pipa, menghentikan arus sebanyak 450.000 barel minyak di Laut Utara per hari. Pengetatan pasokan itu telah menopang harga selama sepekan terakhir

Emas memimpin kenaikan mingguan kedua bahkan saat imbal hasil obligasi naik, dengan perdagangan meredam menjelang masa liburan.Bullion untuk pengiriman segera sedikit berubah di level $ 1,267.79 / oz pada pukul 10:05 pagi di London.Silver memimpin kenaikan mingguan kedua; naik 1,8 % YTD. Platinum turun 0,2 % untuk memangkas kenaikan mingguan kedua; menguat 1,2 % YTD. Palladium memimpin kenaikan mingguan kelima dalam enam pekan terakhir; melonjak 52 % YTD

Sumber Marketwatch, edit by PT Equityworld Futures Semarang