PT. EQUITYWORLD FUTURES – Minyak naik ke level 18-bulan tertinggi di New York seiring pengurangan output oleh Kuwait dan Oman mengisyaratkan OPEC dan mitranya memberikan persetujuan mereka untuk menstabilkan pasar.

Kontrak naik sebanyak 2,8 persen setelah menguat 45 persen pada tahun lalu, kenaikan tahunan terbesar sejak 2009. Para pejabat dari Oman dan Kuwait mengatakan kepada media lokal mereka untuk memangkas produksi minyak mereka pada bulan Januari, memenuhi janji mereka dan 22 produsen lainnya yang dibuat pada 10 Desember lalu.

EQUITYWORLD FUTURES Harga minyak juga bergerak naik diiringi indeks pembelian manajer (PMI) manufaktur China stabil dekati level tertinggi yang tercatat pada tahun 2012, sinyal dapat didukung pada pengguna minyak terbesar kedua di dunia.

Harga minyak naik untuk pertama kalinya dalam tiga tahun terakhir pada tahun 2016 karena Organisasi Negara Pengekspor Minyak dan 11 negara lainnya sepakat untuk memangkas produksinya mulai 1 Januari dalam upaya untuk mengurangi persediaan global yang berlimpah. Harga yang menurun pada akhir Desember, yang melebihi rekornya setelah kesepakatan itu selesai, seiring Kuwait dan Oman memberikan tanda-tanda pertama peredaman yang sedang dilaksanakan.

Minyak mentah West Texas Intermediate (WTI) untuk pengiriman Februari naik sebanyak $ 1,52 ke level $ 55,24 per barel di New York Mercantile Exchange dan berada di level $ 54,99 pada pukul 13:25 siang waktu London. Equityworld Futures Tidak ada perdagangan hari Senin karena libur Tahun Baru. Total volume perdagangan hari Selasa adalah sekitar 13 persen di atas 100-hari rata-rata.

Brent untuk pengiriman Maret menguat US $ 1,27 ke level $ 58,09 di ICE Futures Europe exchange yang berbasis di London, diperdagangkan pada $ 2,18 premium untuk WTI di bulan yang sama. Kontrak acuan global meningkat 52 persen pada tahun lalu, yang terbesar sejak 2009 silam.

Sumber : Bloomberg