PT. EQUITYWORLD FUTURES – Minyak diperdagangkan mendekati level $ 48 per barel seiring perdana menteri Irak mengatakan negara akan mengurangi output seiring bagian dari kesepakatan lebih luas untuk stok OPEC, sementara Rusia mengatakan hanya akan sebatas melakukan pembekuan tidak dengan hal lainnya.

Futures naik 0,2 persen di New York. Irak akan berpartisipasi dalam kesepakatan untuk mengecilkan produksi, Perdana Menteri Haider Al-Abadi mengatakan, membalikkan oposisi sebelumnya negara ini dan menyerukan jumlah pemangkasan OPEC sebesar 900.000 barel per hari. Rusia menegaskan kesiapannya untuk melakukan pembekuan produksi minyak pada level saat ini, dengan alasan bahwa jumlah tawaran dibandingkan dengan rencana tahun depan.

EQUITYWORLD FUTURES OPEC telah meminta produsen non-OPEC untuk memangkas pasokan sekitar 500.000 barel per hari, kata Menteri Energi Alexander Novak.

West Texas Intermediate untuk pengiriman Januari diperdagangkan di level $ 48,03 per barel di New York Mercantile Exchange, naik 7 sen, pada pukul 02:31 waktu siang waktu London. Kontrak tergelincir 7 sen ke level $ 47,96 pada hari Rabu setelah naik 5,8 persen pada tiga sesi sebelumnya. Total volume yang diperdagangkan pada hari Kamis – liburan Thanksgiving di AS – yakni 65 persen di bawah rata-rata 100-hari.

Brent untuk pengiriman Januari naik 11 sen ke level $ 49,06 di ICE Futures Europe exchange yang berbasis di London, diperdagangkan pada premium dari level $ 1,03 untuk WTI. Equity world Futures Minyak mentah acuan global turun 17 sen ke level $ 48,95 pada hari Rabu.

Sumber: Bloomberg