PT. EQUITYWORLD FUTURES – Minyak diperdagangkan mendekati level $ 50 per barel di New York seiring produsen AS meningkatkan pengeboran mereka dan anggota OPEC menambah pasokan mereka sehingga mengancam untuk meningkatkan surplus global.

Futures sedikit berubah setelah tergelincir 0,2 persen pada hari Jumat. Output dari anggota OPEC Libya bertambah menjadi 560.000 barel per hari, menurut National Oil Corp, naik dari 540.000 minggu lalu, sementara Iran mengulang rencana untuk meningkatkan produksi menjadi 4 juta barel per hari. Rig yang menargetkan minyak mentah naik untuk minggu ketujuh ke level tertinggi sejak Februari, Baker Hughes Inc mengatakan di situsnya. Hal mengikuti kenaikan pertama dalam stok AS dalam enam minggu.

West Texas Intermediate untuk pengiriman November diperdagangkan di levl $ 50,09 pada pukul 14:07 waktu London, setelah sebelumnya mengalami penurunan sebanyak 41 sen ke level $ 49,94 per barel di New York Mercantile Exchange. Kontrak turun 9 sen ke level $ 50,35 pada hari Jumat. Total volume yang diperdagangkan yakni 13 persen di bawah rata-rata 100-hari.

Brent untuk pengiriman Desember berada 16 sen lebih rendah di level $ 51,79 per barel di ICE Futures Europe exchange yang berbasis di London. Kontrak kehilangan 0,2 persen untuk ditutup di level $ 51,95 pada hari Jumat. Minyak mentah acuan global ini diperdagangkan pada premi $ 1,30 untuk WTI bulan Desember.

EQUITYWORLD FUTURES Berita komoditas minyak di hari Kamis(26/5), harga minyak terpantau alami kenaikan ditengah melambatnya jumlah pasokan minyak ke wilayah Amerika pada periode yang berakhir 20 Mei.

Berlangsungnya perdagangan di sesi Asia, minyak West Texas Intermediate kontrak bulan Juli terpantau naik 0.65% dengan diperdagangkan pada level $49.88 per barel di NYMEX, AS. Pergerakan minyak WTI hari ini telah bergerak menyentuh level lowdi $49.54 dan level high di $49.93.

Sedangkan untuk patokan minyak premium Eropa, Brent Oil kontrak bulan Juli terpantau naik 0.72% dengan diperdagangkan pada level $50.11 per barel di ICE Future Europe exchange yang berbasis di London. Equity world Futures Pergerakan minyak Brent hari ini telah terpantau menyentuh level low di $49.71 dan level high di $50.14.

Peluang kenaikan harga komoditas minyak dunia terjadi ketika Energy Information Administration melaporkan bahwa pasokan minyak mentah ke wilayah Amerika mengalami penurunan sebanyak 4.2 juta barel pada periode yang berakhir 20 Mei.

Sementara dikutip dari halaman Bloomberg, Matt Salle yang merupakan Managing Director and Portofolio Manager Tortoise Capital Advisor mengatakan, “Persediaan (minyak mentah) AS akan terus menunjukkan penurunan yang stabil hingga akhir musim panas. Data akan cukup bullish ke depannya”.

Sumber: Bloomberg