PT.EQUITYWORLD FUTURES Minyak mempertahankan gain di dekat level $ 50 per barel seiring jumlah anjungan di AS yang tidak beroperasi turun dengan jumlah tertajam sejak Januari setelah ekspansi pada awal tahun ini. Futures sedikit berubah di New York setelah naik 5,1 persen pekan lalu. PT Equityworld Anjungan yang menargetkan minyak mentah turun tujuh menjadi 749, menurut data hari Jumat dari Baker Hughes. Pengebor belum menambahkan mesin baru selama lima minggu terakhir. Badai ketiga bulan ini terlacak bergerak dan sedang mengumpulkan kekuatan ke arah Karibia yang sudah babak belur akibat badai sebelumnya.

Meskipun minyak telah pulih dalam dua minggu terakhir, harga telah berjuang bertahan di atas $ 50 per barel tahun ini menyusul kenaikan output AS menghambat pemangkasan pasokan yang dipimpin oleh anggota Organisasi Negara Pengekspor Minyak. PT Equityworld Kurangnya investasi baru dalam produksi minyak mentah memicu risiko pasokan yang lebih tinggi dan harga yang tidak stabil, menurut Badan Energi Internasional.

West Texas Intermediate untuk pengiriman Oktober berada di level $ 49,80 per barel di New York Mercantile Exchange, turun 9 sen, pada pukul 7:51 pagi di Hong Kong. Total volume yang diperdagangkan sekitar 63 persen di bawah rata-rata 100 hari. Harga ditutup tidak berubah pada hari Jumat di level $ 49,89.

Brent untuk penyelesaian November melemah 9 sen atau 0,2 persen ke level $ 55,53 per barel di ICE Futures Europe exchange yang berbasis di London. Minyak mentah acuan global ini diperdagangkan pada premium $ 5,19 untuk WTI November.

Harga minyak AS berakhir datar untuk sesi Jumat, namun naik sekitar 5,1% untuk minggu ini. Minyak menemukan dukungan dari ekspektasi permintaan global yang lebih tinggi, meningkatnya komitmen para produsen minyak untuk pengurangan produksi, dan pemulihan pasca-badai pada aktivitas penyulingan di AS yang kemungkinan akan membantu menekan stok minyak mentah.

Minyak mentah West West Intermediate bulan Oktober menetap tidak berubah di level $ 49,89 per barel di New York Mercantile Exchange.

Minyak naik secara mingguan seiring kilang dan fasilitas minyak lainnya mulai kembali beroperasi menyusul Badai Harvey, yang membuat beberapa fasilitas minyak di Pantai Teluk Texas AS ditutup. Minyak acuan AS dan global masing-masing menunjukkan kenaikan dalam empat sesi terakhir, dengan uji coba rudal terbaru Korea Utara memberikan alasan singkat bagi investor minyak untuk tidak terlalu aktif di pasar. Minyak berjangka turun tipis pada hari Jumat ini, namun harga telah stabil dalam menghadapi uji coba rudal lainnya oleh Korea Utara.

Oktober Nymex light, sweet crude di New York Mercantile Exchange baru-baru ini turun 0,3%, atau 0,1% menjadi $ 49,76 per barel pada sesi perdagangan Globex. Jenis Brent berjangka turun dengan marjin persentase yang sama di level $ 55,31, turun 16 sen.Bensin Nymex Oktober turun 0,2% menjadi $ 1,6260 per galon.(sdm)