PT.EQUITYWORLD FUTURES Harga minyak membukukan sedikit keuntungan dalam sesi rangebound pada hari Selasa terkait kesepakatan OPEC untuk memperpanjang pengurangan produksi hingga tahun depan memberikan dorongan, namun juga meningkatkan ekspektasi pertumbuhan output terhadap output AS.

Minyak tergelincir pada hari Selasa seiring investor mengambil keuntungan setelah OPEC dan produsen lainnya memperpanjang kesepakatan pemangkasan produksi, meskipun perkiraan penurunan stok minyak mentah AS memberikan sedikit dorongan.Minyak mentah juga turun pada kekhawatiran bahwa keputusan produsen pimpinan OPEC pada 30 November untuk memperpanjang kesepakatan pemotongan stok mereka sampai 2018 dapat meningkatkan output AS, yang naik menjadi hampir 9,5 juta barel per hari pada bulan September.Minyak mentah brent, acuan global, kehilangan 14 sen ke level $ 62,31 per barel pada pukul 12:18 siang waktu GMT, turun untuk sesi kedua. Minyak mentah AS, yang dikenal sebagai West Texas Intermediate, turun 28 sen ke level $ 57,19.

Organisasi Negara Pengekspor Minyak, Rusia dan produsen non-OPEC lainnya pekan lalu memperpanjang kesepakatan untuk memangkas produksi sebesar 1,8 juta barel per hari (bpd) sampai akhir 2018.OPEC dan sekutu-sekutunya mencoba menyingkirkan kelebihan minyak dalam penyimpanan. Mereka telah membuat kemajuan dalam tugas ini dan laporan inventaris AS terbaru kemungkinan akan menunjukkan penurunan stok minyak mentah ketiga berturut-turut.

Minyak mentah West West Intermediate (WTI) naik tipis sebesar 15 sen atau 0,3 %, untuk menetap di level $ 57,62 per barel di New York Mercantile Exchange, setelah mengalami penurunan sebesar 1,5 % sehari sebelumnya. Minyak mentah Brent untuk pengiriman Februari menguat 41 sen atau 0,7 % ke level $ 62,86 per barel di ICE Futures Europe Emas berakhir lebih rendah untuk sesi kedua berturut-turut pada hari Selasa, dengan harga menandai penutupan terendah mereka dalam waktu sekitar empat bulan.

Kekuatan dalam dolar, kenaikan sebagian besar indeks saham acuan AS dan data ekonomi domestik yang optimis menumpulkan daya tarik logam haven. Emas Februari turun $ 12,80, atau 1%, untuk berakhir  di $ 1,264.90 per ons Emas menuju penurunan sesi back-to-back pada hari Selasa, yang daya tariknya ditumbangkan oleh rekor lain pada industri Dow meskipun saham teknologi melemah, dan karena dolar bergerak naik.

Emas Februari tergelincir $ 1,90, atau 0,1% menjadi $ 1,275.80 per ons. Meski begitu, level penutupan pada level ini akan menjadi yang terendah untuk kontrak utama dalam waktu sekitar satu bulan. SPDR Gold Trust yang diperdagangkan di bursa jatuh 0,6% premarket.Di tempat lain di Comex, perak Maret turun sekitar 0,6% menjadi $ 16,280 per ons. IShares Silver Trust yang diperdagangkan bursa turun 0,7%.Tembaga Maret turun 2,6% menjadi $ 3,01 per pon, diperdagangkan pada level terendah dalam hampir dua bulan terakhir.

Sumber Marketwatch, edit by PT Equityworld Futures Semarang