PT.EQUITYWORLD FUTURES BMO Capital Markets mencari emas untuk rebound setiap kali Federal Reserve berhenti dalam siklus kenaikan suku bunga, terutama dengan pergerakan di pasar mata uang yang tampak diperpanjang, bank mengatakan Kamis.

Sementara itu, paladium terlihat mengungguli platinum logam adiknya di masa mendatang, tetapi BMO melihat platinum akhirnya mendapatkan kembali premiumnya atas paladium dalam jangka panjang.

Bank merevisi perkiraan emas 2018 menjadi rata-rata lebih dari $ 1,273 per ons, yang 4% lebih rendah dari pandangan sebelumnya. BMO memangkas target harga 2019 sebesar 1% menjadi $ 1.285, meskipun itu akan jauh di atas harga saat ini. Spot emas berada di $ 1,204.30 tepat sebelum pukul 11 ​​pagi. EDT.

“Lebih jauh, kami mempertahankan pandangan bahwa harga akan rata-rata $ 1.250 / oz baik pada 2020 dan 2021, tidak berubah dari pembaruan kami sebelumnya sambil mempertahankan perkiraan 2022 kami dan kemudian target jangka panjang stabil pada $ 1.200 / oz,” kata BMO.

Emas lebih lunak untuk tahun ini, melukai dolar AS yang lebih kuat. Harga telah sideways sekitar $ 1.200 per ons untuk sebagian besar kuartal ketiga.

“Setiap perubahan dalam kebijakan Fed mengisyaratkan jeda dalam siklus pendakian, baik karena rendahnya [inflasi] atau indikator perumahan domestik yang lemah, kemungkinan akan melihat reli bantuan untuk harga emas,” kata BMO. “Kami melihat posisi pasar sebagai terlalu puas dalam memproyeksikan tren emas yang lebih rendah pada saat ini, terutama mengingat potensi alokasi ritel pasar berkembang kembali ke arah emas.”

BMO mencatat bahwa sejak 1985, siklus pengetatan rata-rata untuk Federal Reserve adalah sembilan kenaikan, rata-rata mendekati 25 basis poin masing-masing.

“Pada saat Fed memberikan langkah kuartal seperempat bulan ini, itu akan benar-benar pada rata-rata,” kata BMO. “Kami berharap tanda-tanda jeda akan sangat positif untuk logam mulia, di mana posisi pasar sangat negatif. Memang, sementara lingkungan pasar secara keseluruhan untuk emas jelas tidak baik, kami percaya alokasi aset makro telah menjadi terlalu puas dalam memproyeksikan tren emas ke bawah dan akan mengadvokasi beberapa opsi terbalik. ”

Sementara itu, analis BMO menggambarkan diri mereka sebagai banteng perak jangka panjang karena permintaan meningkat, terutama karena penggunaan fotovoltaik di panel surya mengisi celah yang ditinggalkan oleh matinya fotografi film.

“Memperkuat prospek harga perak jangka panjang kami yang positif adalah fakta bahwa pasokan tambang terus berjuang, dengan 2018 output diperkirakan akan meningkat hanya 0,6% [tahun-ke tahun] karena proyek-proyek pertumbuhan yang signifikan terdesak hingga 2019, di mana kami melihat peningkatan 8,7% y / y dalam hasil tambang, ”kata BMO.

Dalam langkah dengan revisi harga emas, BMO menyesuaikan rata-rata tahunan 2018 untuk harga perak 8% lebih rendah menjadi $ 15,80 per ons dan menurunkan rata-rata perkiraan untuk 2019 sebesar 9% menjadi $ 16. Logam berada di $ 14,22 pada perdagangan New York pagi-pagi.

“Lebih jauh, kami telah meninggalkan perkiraan kami untuk periode 2020-22 serta perkiraan jangka panjang kami sebesar $ 20 / oz, sejalan dengan pandangan kami tentang rasio emas dan perak ekuilibrium sebesar 60: 1 …,” kata BMO. Rasio emas / perak adalah 83 banding 1 karena para analis menulis laporan mereka.

BMO lebih suram pada platinum, meskipun kenaikan terlihat beberapa tahun di bawah jalan. Sementara sebagian besar pandangan harga jangka panjang bank tidak berubah, analis menurunkan satu untuk platinum sebesar 5% menjadi $ 1.050 per ounce, meskipun ini di atas harga saat ini, dengan logam spot di $ 829 Kamis pagi.

Analis menggambarkan 2017-18 sebagai “tahun-tahun sulit untuk permintaan” karena pangsa kendaraan bertenaga diesel di Eropa turun, serta permintaan investasi. Platinum digunakan untuk katalis otomatis dalam kendaraan bertenaga diesel, sedangkan yang bertenaga bensin menggunakan paladium. Secara historis, platinum lebih mahal daripada paladium, meskipun itu berubah sekitar setahun yang lalu.

“Dengan diskon untuk emas mencapai rekor, platinum bukanlah bisnis yang bagus, dan kami berjuang untuk melihat peningkatan yang ditandai dalam waktu dekat, terutama karena produksi berbiaya tinggi menunjukkan sedikit tanda-tanda rasionalisasi,” kata BMO. “Jangka panjang, ada potensi untuk pembebanan yang lebih tinggi di autocatalysts, sedangkan pasar truk sel bahan bakar hidrogen harus menyajikan peluang permintaan. Sampai saat itu, harga rendah baik dalam USD [AS. dolar] dan istilah rand cenderung menjadi norma, bahkan jika tidak berkelanjutan dalam jangka panjang. ”

Bank memangkas proyeksi 2018 sebesar 7% menjadi rata-rata $ 874.

Palladium, sementara itu, telah menarik dukungan dari penjualan kuat autos bertenaga bensin di pasar negara berkembang dan permintaan investasi menjadi kurang seret daripada tahun-tahun sebelumnya. Namun, bank tidak mengharapkan kenaikan lebih lanjut karena ada banyak persediaan di atas tanah, pemulihan yang diharapkan dalam persediaan memo, pertumbuhan pasokan tambang dan pertumbuhan penjualan otomatis yang melambat. Ada juga risiko substitusi terhadap platinum untuk autocatalysts.

“Kami memiliki beberapa kekhawatiran jangka panjang tentang paladium sebagai kuda poni satu-trik, dengan kata lain hanya memiliki satu permintaan utama, yang menciptakan risiko jangka menengah sebagai penetrasi kendaraan listrik tumbuh,” kata BMO. “Akibatnya, kami memiliki paladium kembali di bawah platinum dalam jangka waktu yang lebih lama.”

Karena ketahanan palladium, BMO mempertahankan prakiraan rata-rata tahunan 2018 sebesar $ 982 per ounce dan meningkatkan prospek 2019 sebesar 5% menjadi $ 950. “Selama beberapa tahun mendatang kami mempertahankan pandangan bahwa harga akan secara bertahap melayang lebih rendah, rata-rata $ 875 / oz dalam jangka panjang, dan kembali ke diskon untuk harga platinum,” kata BMO.

Sumber Marketwatch, edit by PT Equityworld Futures Semarang