PT.EQUITYWORLD FUTURES Menunggu greenback untuk bergerak adalah permainan emas yang dimainkan akhir-akhir ini, menurut Bloomberg Intelligence (BI), yang percaya bahwa dolar AS akan segera turun dan memicu rebound yang dinanti-tunggu di logam mulia.

“Logam akan mengalami kesulitan pemulihan jika rally dolar berlanjut, tetapi kami tidak melihat itu terjadi,” kata ahli strategi komoditas senior Michael Mike McGlone dalam prospek komoditas Bloomberg untuk Oktober. “Tidak mungkin dolar dapat mempertahankan diri di atas tertinggi 14 tahun. Risiko vs hadiah tampaknya mendukung keinginan logam pada level saat ini. ”

Rebound bisa datang cukup cepat, mencatat McGlone, menyoroti akhir kuartal ketiga sebagai kerangka waktu yang mungkin untuk bergerak naik dalam logam.

“Pertemuan Komite Pasar Terbuka Federal (FOMC) akhir-akhir-3Q dapat membuat pasar lebih dekat untuk melepaskan Indeks Spot Dollar Bloomberg dari kisaran 20-minggu paling sempit sejak pemulihan dimulai pada 2014. Berarti pengembalian dari reli dolar 20% -plus yang mendahului kenaikan suku bunga pertama The Fed dari siklus tampaknya lebih mungkin untuk melanjutkan di belakang rekor kuasi dolar, yang diukur dengan logam mulia dikelola-uang bersih celana pendek, “tulis McGlone.

Intelijen Bloomberg melihat tanda-tanda bahwa pasar sedang melihat “permainan akhir greenback yang tidak menguntungkan,” menambahkan bahwa potensi kenaikan emas saat ini melebihi risiko penurunannya.

Dari perspektif teknis, emas hanya bisa turun di bawah level support solid $ 1.120 per ounce jika ada reli dolar AS berkelanjutan yang dikombinasikan dengan pasar saham yang kuat.

Di sisi lain, level resistance yang stabil untuk emas adalah $ 1,375 per ons – yang merupakan level tertinggi logam selama siklus pengetatan terakhir Federal Reserve.

Secara keseluruhan, Intelijen Bloomberg tidak mengesampingkan pergerakan menuju $ 1.400 untuk emas dalam waktu dekat.

“Perdagangan beberapa tahun terakhir dalam kisaran yang paling terkompresi dalam beberapa dekade meningkatkan kemungkinan penembusan lebih tinggi, biasanya terjadi di pasar yang digulung seperti itu. Jika greenback melanjutkan proses pengembalian rata-rata pada 2017, emas harus mengarah ke $ 1.400, ”kata McGlone.

Untuk memicu rally emas, logam tidak akan membutuhkan driver pendukung utama, tambah analis.

“Biasanya, hanya diperlukan sedikit percikan agar pembalikan terjadi. Pada tahun 1999, ekspektasi pembatasan penjualan bank sentral merupakan percikan utama untuk emas, ”tulisnya.

Perak juga melihat masa depan yang cerah, bahkan mungkin lebih dari emas, menurut prospek Oktober.

“Perak siap untuk merangkul peran kepemimpinan dalam reli sektor logam. Jumlah ons perak sama dengan emas telah mencapai tingkat tertinggi dalam 23 tahun, dengan posisi perak bersih terpendek dalam 12 tahun sebagai persentase dari bunga terbuka. Sebuah dataran tinggi yang lebih tinggi dalam hubungan ini tidak mungkin, sementara potensi dan tingkat beberapa pengembalian berarti sangat membebani risiko short-covering yang lebih besar, ”kata laporan itu.