PT.EQUITYWORLD FUTURES Analis melihat tarikan jangka dekat pada harga tembaga dari kekhawatiran perdagangan, dorongan jangka panjang.

Emas berjangka berakhir lebih rendah pada hari Selasa, tetapi bertahan di atas $ 1.200 per ounce untuk sesi keenam berturut-turut, karena jab berikutnya muncul dalam memperdalam sengketa perdagangan AS-Cina, mendorong perdagangan hati-hati dalam dolar AS.

Logam untuk keperluan industri, terikat dengan nasib ekonomi Cina dan AS yang kuat, terus bergerak dengan kepekaan terhadap perkembangan perdagangan.

Emas Desember GCZ8, + 0,20% turun $ 2,90, atau 0,2%, untuk menetap di $ 1,202.90 per ons Selasa. Harga untuk kontrak paling aktif kini telah berada di atas $ 1.200 untuk sesi perdagangan enam-berturut-turut. Mereka memperoleh 0,4% pada hari Senin.

“Ke depan, dolar dan perang perdagangan dapat menjadi pengaruh terpisah sebagai korelasi kebalikan antara dolar dan sentimen komoditas / perdagangan yang merosot sejauh minggu ini,” kata Tyler Richey, co-editor Laporan Sevens. “Itu kemungkinan akan menyebabkan lebih sedikit korelasi antara logam mulia dan logam industri.”

Dolar dan emas, yang terutama harga di unit mata uang AS, cenderung bergerak terbalik, tetapi indeks dolar patokan hanya bergerak moderat pada hari Selasa. Indeks Dolar AS Dollar AS, DXY, -0,01% ukuran dolar terhadap setengah lusin mata uang, naik kurang dari 0,2% pada 94,464. Sudah kehilangan 0,5% bulan hingga saat ini.

Senin malam, Presiden Donald Trump mengatakan dia akan memberlakukan tarif baru pada sekitar $ 200 miliar dalam barang-barang Cina, seperti yang diharapkan. Dia mengancam akan menambah ratusan miliar lebih sebagai bagian dari kampanyenya untuk menekan Beijing agar mengubah praktiknya. Direktur Dewan Ekonomi Nasional Gedung Putih Larry Kudlow mengatakan pemerintah siap berbicara dengan China tentang perdagangan ketika Beijing “serius.” Selama akhir pekan, Cina mengatakan mungkin akan menolak untuk mengadakan pembicaraan perdagangan jika tarifnya diberlakukan.

“Pedagang sekarang memiliki kekhawatiran yang lebih besar bahwa AS dapat mengubah lebih banyak hukuman jika Beijing berjuang kembali …,” kata Marios Hadjikyriacos, analis XM broker. “Emas [harga] terus menunjukkan hampir tidak ada minat dalam setiap perkembangan di depan perdagangan, yang tersisa dalam kisaran sempit antara $ 1,189 dan $ 1,214″ dalam aksi terbaru.

Pada hari Selasa, bagaimanapun, emas berakhir lebih rendah karena saham AS naik, menumpulkan minat investasi pada logam mulia untuk saat ini. Saham telah jatuh pada hari Senin, dalam apa yang mewakili persentase penurunan satu hari terbesar untuk S & P 500 SPX, + 0,54% sejak pertengahan Agustus dan sesi terburuk untuk Nasdaq COMP, + 0,76% sejak akhir Juli.

Sekitar kompleks logam, perak Desember SIZ8, + 0,28% turun 0,3% menjadi $ 14,185 per ounce. Itu berakhir tepat di atas rendah baru-baru ini $ 14,142, ditetapkan akhir pekan lalu, yang menandai penyelesaian terendah untuk kontrak paling aktif sejak Januari 2016, menurut data FactSet.

Baca: Turun harga perak ke posisi terendah 32-bulan mendorong lonjakan koin Silver Eagle di AS Mint

“Resolusi terhadap perang perdagangan antara AS dan China akan sangat positif bagi logam industri sebagai risiko penurunan terhadap prospek pertumbuhan dan permintaan harapan dari China akan berkurang secara material,” kata Richey. “Ini tetap menjadi katalisator upside tunggal terbesar untuk logam industri.”

Sementara itu, tembaga HGZ8 Desember, + 0,66% menambahkan 3% menjadi hampir $ 2,731 per pon, dalam rebound dari kelemahan baru-baru ini.

“Harga tembaga secara khusus sering dianggap sebagai indikator ekonomi utama karena digunakan terutama dalam industri konstruksi dan infrastruktur, sehingga kesediaan untuk berinvestasi dapat memperlambat atau mendorong permintaan. Dengan demikian kelemahan harga terbaru – harga tembaga jatuh hampir 20% dibandingkan dengan tinggi Juni – dilihat sebagai konfirmasi perlambatan ekonomi global, ”kata analis komoditas di Commerzbank, dalam sebuah catatan.

Namun para analis mempertanyakan apakah data lain benar-benar mendukung aksi pasar tembaga baru-baru ini. Mereka mencatat bahwa saham tembaga London Metal Exchange telah jatuh untuk sebagian besar waktu sejak akhir Maret, dan pada hari Senin saja menurun sekitar 4.000 ton, atau 1,8%, mencapai level terendah sejak Januari. Kepemilikan di gudang LME di Asia (Singapura, Malaysia, Korea) bahkan telah menurun hampir terus menerus sejak awal Juni, dan sekarang berada pada level terendah sejak April 2016, mereka menambahkan.

Arbitrase, atau perbedaan harga antara dua lokasi, dapat berdampak, tetapi secara keseluruhan para analis percaya bahwa pasar tembaga tetap didukung oleh fundamental permintaan-penawaran.

“Meskipun kami juga melihat harga tembaga saat ini sebagai menarik dalam jangka panjang, kami membayangkan risiko jangka pendek koreksi karena sengketa perdagangan antara AS dan China,” kata mereka.

Oktober platinum PLV8, + 0,33% naik hampir 1,8% menjadi $ 814,90 per ounce. Desember palladium PAZ8, + 0,32% naik sekitar 2,9% menjadi $ 1,004.80 per ounce. Itu adalah finis pertama di atas $ 1.000 sejak pertengahan Juni, menunjukkan data FactSet.

Di antara dana yang diperdagangkan di bursa, SPDR Gold Trust GLD yang populer, -0,15% turun 0,2%, sementara iShares Silver Trust SLV, + 0,00% menambahkan kurang dari 0,1%. The VanEck Vectors Gold Miners ETF GDX, + 0,60% naik 0,3%.

Sumber Marketwatch, edit by PT Equityworld Futures Semarang