PT.EQUITYWORLD FUTURES Perdagangan logam kuning turun 0,2% untuk minggu ini sejauh ini :

Emas berjangka menetap lebih tinggi pada Kamis untuk sesi kedua berturut-turut, memperpanjang kenaikan mereka di atas $ 1,200 per ounce tetapi gagal mempertahankan keuntungan mingguan sebagai indeks dolar terkemuka stabil menyusul kebingungan data ekonomi AS.

Emas Desember GCZ8, +0.31% naik $ 3, atau hampir 0,3%, untuk menetap di $ 1,204.30 per ounce. Itu telah menetap di bawah level psikologis penting dari $ 1.200 awal pekan ini untuk pertama kalinya sejak 23 Agustus, menurut data FactSet. Logam itu sejauh ini melihat kerugian hampir 0,2% untuk minggu ini.

Harga komoditas dalam dolar sering diperdagangkan terbalik dengan mata uang, karena pergerakan di unit AS dapat mempengaruhi daya tarik komoditas tersebut kepada pemegang mata uang lainnya. Tentu saja, kelemahan dolar ringan telah membantu emas untuk memperoleh kembali $ 1.200 minggu ini. Logam mempertahankan bahwa tanah sebagai ICE US Dollar Index DXY,-0.01% turun kurang dari 0,1% menjadi 95,103 pada hari Kamis, minggu yang sedikit lebih rendah hingga saat ini.

Adapun saham, Dow DJIA, + 0,08% berujung lebih tinggi Kamis tetapi pasar yang lebih luas berada di bawah tekanan, membantu untuk meningkatkan daya tarik emas.

Sebuah laporan Kamis tentang penggajian sektor swasta AS menunjukkan bahwa negara itu menciptakan 163.000 pekerjaan musiman disesuaikan pada bulan Agustus, turun dari 217.000 pada bulan Juli. Angka tersebut, yang datang menjelang laporan ketenagakerjaan pemerintah yang lebih dekat karena Jumat, juga di bawah 182.000 pekerjaan yang diperkirakan oleh para ekonom yang disurvei oleh Econoday.

Mengungkap laju pertumbuhan yang cepat di sebagian besar perusahaan AS, Institute for Supply Management mengatakan indeks nonmanufaktur naik menjadi 58,5% pada Agustus dari 55,7% pada bulan sebelumnya. Secara terpisah, klaim pengangguran mingguan AS turun menjadi 203.000 — tanda terendah sejak minggu-minggu terakhir tahun 1969.

Data ekonomi tidak banyak mempengaruhi ekspektasi untuk suku bunga AS yang lebih tinggi. Suku bunga yang lebih tinggi adalah pendorong dolar dan hambatan pada bullion yang nonyielding.

Sementara itu, perak Desember SIZ8,+ 0,38% turun 3,9 sen, atau 0,3%, menjadi $ 14,181 per ounce.

AS Mint baru-baru ini mengumumkan bahwa mereka telah menjual sementara dari 2018 koin Silver Eagle.

“Perak, yang telah terpukul paling keras dari dua logam mulia karena penggunaan lainnya sebagai dan bahan industri, sebenarnya telah menunjukkan beberapa aksi harga bullish selama beberapa hari terakhir, menahan sendiri di atas level support jangka panjang kunci pada $ 14,00, ”kata Fawad Razaqzada, analis teknikal di Forex.com.

“Namun, terlalu dini untuk terlalu bersemangat tentang prospek pemulihan besar. Bagaimanapun juga, tidak ada dari level resistance kunci yang telah diuji, apalagi rusak, ”katanya dalam sebuah catatan. “Resistensi jangka pendek terlihat sekitar $ 14,40.”

Dalam produk logam yang diperdagangkan di bursa, SPDR Gold ETF GLD yang populer, + 0,19% ditempelkan pada 0,1%, sementara SLV iShares Silver Trust , -0,30% turun 0,3%.

HGZ8+ 0,08% tembaga Desember , naik 1% menjadi $ 2,637 per pon.

Oktober platinum PLV8, + 0,30% ditambahkan 0,8% menjadi $ 790,90 per ons, sementara paladium PAZ8 Desember , -0,06% naik sekitar 0,1% menjadi $ 962,10 per ounce.

“Situasi pasar platinum dan kemungkinan pemulihan harga yang lebih jelas dan abadi tidak terlihat baik,” kata analis di Commerzbank, dalam sebuah catatan. Mereka mengutip laporan kuartalan oleh World Platinum Investment Council, yang mencatat penurunan 8% tahun-ke tahun dalam permintaan platinum kuartal kedua.

“Permintaan investasi khususnya lemah karena banyak investor ETF menjual kepemilikan mereka,” kata analis Commerzbank yang dipimpin oleh Carsten Fritsch. “Terlebih lagi, permintaan dari industri otomotif lemah karena penjualan mobil diesel melihat dua digit jatuh di pasar mobil besar Eropa Barat.”

 

Sumber Marketwatch, edit by PT Equityworld Futures Semarang