PT.EQUITYWORLD FUTURES Analis bingung bagaimana harga emas yang membandel, dengan logam mulia sekarang menyentuh di bawah $ 1.200 per ounce pada hari Senin. Tapi, masih ada harapan untuk emas tidak peduli seberapa rendahnya dalam waktu dekat, menurut salah satu strategi RBC.

“Perang dagang dan apa yang terjadi di Turki, sedang disaring dengan cara yang positif dalam dolar. Dan itu melampaui ide safe-haven dan apa yang saya pikir adalah tingkat fundamental yang dibenarkan [untuk emas], yang mungkin sedikit lebih tinggi dari kita sekarang, ”kata ahli strategi komoditas RBC Capital Markets, Christopher Louney, kepada Kitco News, Senin.

Harga emas jatuh ke posisi terendah 1,5 tahun baru selama sesi Amerika Utara pada hari Senin, dengan emas berjangka Comex Desember menyentuh posisi terendah harian $ 1,198.90 dan kemudian diperdagangkan pada $ 1,200.50, turun 1,52% pada hari itu. Sebagai perbandingan, indeks dolar AS naik ke $ 96,43, naik 0,18% pada hari itu.

Louney mengatakan bahwa emas sedang berjuang di level $ 1,200 per ounce dan ada kemungkinan lebih banyak rasa sakit di depan dalam jangka pendek karena dolar AS meningkat, yang telah berada di kursi pengemudi sejak April.

“Anda memiliki dolar yang kuat, daya apung di pasar ekuitas, dan orang-orang berbicara tentang siklus kenaikan suku bunga. Ketiga hal ini bersama-sama, khususnya dolar, adalah apa yang menahan emas saat ini, ”Louney menjelaskan.

Jadi, pertanyaan di benak setiap orang adalah seberapa rendahkah emas bisa pergi? Untuk ini, Louney mengatakan hanya waktu yang akan mengatakan karena pasar saat ini mencari katalis yang dapat memindahkan emas lebih tinggi.

“Pasar agak takut-netral sekarang. Jika Anda melihat beberapa survei sentimen, Anda melihat jumlah pandangan netral yang melebar. Saya pikir orang-orang menunggu untuk melihat di mana pantat ini keluar, ”Louney menunjukkan.

Penembusan di bawah $ 1.200 per ons mengejutkan banyak analis, yang berarti bahwa mereka kemungkinan akan merevisi turun perkiraan harga mereka. Capital Economics telah melakukan hal itu, menurunkan prospek akhir tahun untuk emas menjadi $ 1.200 per ounce dari $ 1.300.

“Sulit untuk menentukan level fundamental pada sisi negatifnya. Jika Anda bertanya kepada saya beberapa bulan yang lalu, saya akan mengatakan $ 1.200 adalah level yang kami tonton. Kami berada di masa pendaratan itu sekarang sejauh dimana emas dapat menetap di bawah $ 1.200, ”Louney menambahkan.

Para ahli strategi RBC mengulangi bagaimana emas secara konsisten telah turun sejak April.

“Kami melihat emas memiliki awal yang sangat kuat untuk tahun ini dan banyak yang terjadi di belakang melemahnya indeks dolar AS. Dan karena dolar pulih … setelah Q1, kita pada dasarnya memulai garis lurus lebih rendah sejauh harga emas khawatir. ”

Tapi, ketika musim gugur mendekat, ada kabar baik bagi mereka yang memainkan permainan emas panjang, dengan Louney memproyeksikan pemulihan kembali di atas $ 1.300 per ounce pada akhir tahun ini.

“Saya pikir cerita ini tidak diperlukan untuk emas, tetapi ada beberapa rasa sakit yang terjadi saat ini dan dalam waktu dekat,” kata Louney. “Tapi, saya pikir akan memasuki 2019, ada potensi lebih dari $ 1.300, setidaknya pemulihan-bijaksana. Hanya masalah bagaimana dan kapan kita sampai di sana. ”

Ini adalah tentang menemukan driver yang tepat untuk mengambil emas lebih tinggi, ahli strategi mencatat.

“Ketika katalis tiba, itu akan membawa kita ke titik itu. Katalisator itu adalah orang-orang yang benar-benar pindah ke lingkungan yang aman ini. ”Satu tanda yang sangat meyakinkan adalah catatan posisi bersih-pendek yang terungkap dalam data terbaru yang disusun oleh Komisi Perdagangan Berjangka Komoditi.

“Level historis dari posisi pendek bersih dalam uang yang dikelola membuat [emas] utama untuk katalis untuk bergerak lebih tinggi,” kata Louney.

Manajer uang meningkatkan posisi net-short mereka di emas berjangka menjadi 66.116 kontrak, dibandingkan dengan 42.528 minggu sebelumnya, menurut laporan “terpilah” CFTC. Peningkatan terbesar terjadi karena penjualan yang terus berlanjut, yang tercermin dari peningkatan total celana pendek sebanyak 18.857. Ada juga beberapa likuidasi panjang, karena gross longs menurun oleh 4.731 kontrak.

Sumber Marketwatch, edit by PT Equityworld Futures Semarang