PT.EQUITYWORLD FUTURES Rasa sakit yang dirasakan emas tahun ini adalah “hampir berakhir,” tetapi sebelum pasar emas berubah arah, logam kuning bisa menguji ulang posisi terendah 2018, menurut seorang analis.

Tekanan penurunan terbaru pada emas datang dari laporan pekerjaan AS yang lebih kuat dari perkiraan untuk Agustus, yang menunjukkan bahwa tambahan 201.000 posisi telah dibuat, sementara tingkat pengangguran tetap tidak berubah pada 3,9%.

Namun, fitur utama dari laporan itu adalah upah rata-rata per jam, yang naik 0,4% pada bulan Agustus dan menabrak kenaikan gaji tahunan menjadi 2,9% – pertumbuhan terkuat dalam sembilan tahun.

“[Data] telah mendukung momentum perdagangan negatif dalam emas dengan mengerahkan pemaparan ke atas pada dolar AS dan tingkat riil AS,” Boris Mikanikrezai, analis logam mulia di Metal Bulletin, menulis dalam posting Alpha Mencari pada hari Selasa.

Berdasarkan ini, Mikanikrezai telah memperingatkan bahwa emas bisa menguji ulang rendah 2018 dari $ 1.160 per ounce akhir bulan ini.

“Indikator teknis saya menunjukkan bahwa pelemahan lebih lanjut dan uji ulang dari 2018 rendah saat ini tidak dapat dikesampingkan pada bulan September. Yang mengatakan, saya sangat percaya bahwa rasa sakit untuk sapi jantan emas hampir berakhir, ”katanya.

Hanya dalam kasus hal-hal buruk, Mikanikrezai menunjukkan bahwa ia siap untuk menutup posisi emas panjangnya sendiri jika logam kuning berakhir September di bawah $ 1.130 per ounce.

Tapi, menjadi banteng emas lama berdiri sendiri, Mikanikrezai yakin bahwa kelemahan emas hanya sementara dan reli masih akan datang akhir tahun ini.

“Menjadi banteng emas tahun ini tidak menyenangkan. Sapi jantan perak bahkan merasa lebih sakit. Terhadap hal ini, penting untuk fokus melindungi apa yang saya miliki, daripada berfokus untuk menghasilkan uang, ”tulisnya.

View image on Twitter

View image on Twitter

Kitco NEWS

@KitcoNewsNOW

‘s Grim Picture Makes The More Attractive – @WellsFargo | http://dlvr.it/QjtzjT 

Sementara itu, spekulan terus pendek emas Comex selama 10 minggu berturut-turut, kata Mikanikrezai mengutip data CFTC.

“Pada tahun ini, manajer keuangan telah melikuidasi 540 ton posisi net long dalam emas Comex, sangat kontras dengan tahun lalu ketika mereka mengangkat posisi net buy mereka hingga ~ 183 ton,” katanya. “Manajer uang sangat bearish pada prospek emas tahun ini – ini adalah pertama kalinya bahwa sentimen spekulatif negatif diamati sejak CFTC mulai menerbitkan statistik pada tahun 2006.”

Namun, ruang short-gold yang penuh sesak menyajikan beruang dengan beberapa bahaya, termasuk terburu-buru tiba-tiba untuk keluar dan sebuah rally emas jangka pendek yang kuat.

Sumber Marketwatch, edit by PT Equityworld Futures Semarang