PT.EQUITYWORLD FUTURES Harga emas turun di awal perdagangan AS pada Rabu, menyusul laporan ekonomi AS yang kuat yang mengangkat indeks saham AS. Juga, ada sedikit penghindaran risiko di pasar pada pertengahan minggu. Emas berjangka Desember terakhir turun $ 1,80 per ounce di $ 1,205.40. Desember Comex perak terakhir naik $ 0,042 pada $ 14,735 per ounce.

Laporan ketenagakerjaan AS ADP yang dirilis baru-baru ini untuk bulan September menunjukkan peningkatan sebesar 230.000. Peramal diharapkan naik 185.000 pekerjaan. Harga emas turun dengan rendah mengikuti laporan, sementara indeks saham AS naik-cetak. Laporan ini dikeluarkan menjelang Laporan Situasi Pekerjaan Departemen Tenaga Kerja yang lebih penting untuk bulan September pada hari Jumat pagi. Jumlah gaji non-pertanian diperkirakan akan bertambah 180.000.

Pasar saham dunia sebagian besar lebih tinggi dalam semalam. Indeks saham AS menunjuk ke pembukaan yang lebih kuat ketika sesi hari New York dimulai. Pasar China ditutup sampai hari Jumat untuk hari libur umum.

Perhatian dunia, terutama di Eropa, adalah pada rencana pemerintah Italia anti kemapanan yang baru untuk mengatasi masalah keuangan dan ekonomi Italia. Laporan semalam mengatakan Italia mundur dari sikap garis kerasnya dengan Uni Eropa mengenai masalah ini. Mata uang Euro hari ini stabil pada berita, setelah berada di bawah tekanan jual awal pekan ini.

Dalam berita semalam lainnya, Presiden Federal Reserve Bank of Chicago Charles Evans mengatakan dalam pidatonya di London bahwa perekonomian AS bersenandung dan bahwa Fed kemungkinan harus mengerem pertumbuhan ekonomi dengan terus menaikkan suku bunga secara bertahap. Dia menambahkan bahwa langkah kebijakan Fed secara historis normal selama periode ekspansi ekonomi yang lebih kuat.

Raksasa ritel AS Amazon telah menaikkan upah minimumnya secara signifikan bagi para pekerjanya menjadi $ 15 per jam. Sementara langkah ini tampak jinak saat ini, itu hanya satu petunjuk kecil kenaikan inflasi harga yang bisa menjadi masalah pada titik tertentu — dan mungkin bahkan lebih cepat daripada yang diperkirakan para ekonom. Ketua Fed Jerome Powell menegaskan kembali pada hari Selasa bahwa inflasi harga tidak menjadi masalah. Bermasalah inflasi umumnya bullish untuk aset keras seperti komoditas mentah dan bearish untuk aset kertas seperti saham dan obligasi.

Kunci di luar pasar hari ini menemukan indeks dolar AS sedikit lebih tinggi setelah mencapai tertinggi 2,5 bulan pada hari Selasa. Sementara itu, harga minyak Nymex November juga mendekati stabil setelah mencapai tertinggi empat tahun pada Selasa. Harga diperdagangkan tepat di atas $ 75,00 per barel.

Data ekonomi AS lainnya yang akan dirilis pada hari Rabu termasuk survei aplikasi hipotek MBA mingguan, layanan AS PMI, layanan global PMI, laporan non-manufaktur ISM tentang bisnis dan laporan cadangan energi cair DOE mingguan.

Secara teknis, beruang emas memiliki keunggulan teknis jangka pendek secara keseluruhan. Namun, harga kembali di tengah kisaran perdagangan, yang lagi-lagi menunjukkan bahwa logam telah berada di bawah pasar. Target kenaikan harga jangka dekat emas bulls berikutnya adalah untuk menghasilkan penutupan pada bulan Desember berjangka di atas resisten yang kuat di $ 1,220.70. Target penurunan harga sisi jangka pendek berikutnya mendorong harga di bawah dukungan teknis yang solid pada level terendah Agustus $ 1,167.10. Resistensi pertama terlihat di level tertinggi minggu ini $ 1,212.30 dan kemudian di $ 1,218.00. Dukungan pertama terlihat pada $ 1,200.00 dan kemudian di terendah minggu ini $ 1,188.10.

Berjangka perak berjangka Desember memiliki keunggulan teknis jangka pendek secara keseluruhan, tetapi tindakan harga terbaru menunjukkan bahwa pasar berada di tempat. Target terobosan kenaikan harga bulls perak berikutnya adalah menutup harga di atas resistensi teknis yang solid pada $ 15,00 per ounce. Tujuan penurunan harga downside berikutnya untuk bear adalah harga penutupan di bawah dukungan solid pada terendah September $ 13,965. Resistensi pertama terlihat di level tertinggi minggu ini $ 14,95 dan kemudian di $ 15,00. Dukungan berikutnya terlihat pada $ 14,50 dan kemudian pada terendah minggu ini di $ 14,395.

Sumber Marketwatch, diedit oleh  PT Equityworld Futures Semarang