PT.EQUITYWORLD FUTURES Dengan rally emas yang terlambat ini akhirnya menetapkan dan harga emas di tertinggi enam minggu, analis cemas mengamati level resisten kunci berikutnya dengan harapan melihat kenaikan berkelanjutan. Setelah data penjualan ekuitas global dan data inflasi AS yang lebih lemah dari perkiraan, emas akhirnya melihat kekuatan yang sangat hilang dalam enam bulan terakhir.

Emas berjangka Comex Desember didukung ke tertinggi enam minggu dan diperdagangkan terakhir di $ 1,222.40, naik 2,43% pada hari itu. “Langkah Emas terlambat karena penurunan ekuitas besar kemarin,” kata kepala penelitian London Capital Group Jasper Lawler kepada Kitco News pada hari Kamis.

Investor tampaknya telah menunggu data inflasi AS pagi ini sebelum bereaksi terhadap penurunan besar-besaran di pasar ekuitas AS pada hari Rabu, dengan Dow saja turun lebih dari 800 poin, kata Lawler.

“Pedagang emas mencari untuk mendapatkan rilis CPI keluar dari jalan sebelum melihat lampu hijau untuk mulai membeli untuk penembusan ini. Teknikal mengarah ke ini dan semoga kita akan mendapatkan lebih banyak dari ini, ”kata Lawler.

Langkah penting berikutnya untuk emas adalah menutup di atas level $ 1.220 per ounce, yang akan menentukan apakah emas dapat terus bergerak lebih tinggi atau setidaknya mempertahankan kenaikan baru-baru ini dalam jangka pendek, menurut analis.

“Kami perlu menutup lebih dari $ 1,225 dan kami membutuhkan hari berikutnya untuk membuka lebih kuat. Itu adalah bagaimana harga emas bisa naik ke $ 1.250 dan bahkan setinggi $ 1.266 – rata-rata pergerakan 200 hari, ”kata ahli strategi pasar senior RJO Futures, Phillip Streible.

Data IHK yang lebih lemah bersama dengan tekanan lanjutan di ruang ekuitas, melemparkan kunci dalam rencana pengetatan Federal Reserve, menunjukkan bahwa bank sentral mungkin tidak agresif maju, Streible menambahkan.

Analis lainnya sepakat bahwa $ 1,220 per ounce adalah titik resistensi berikutnya.

“$ 1.220 adalah kuncinya. Penutupan di atas yang membuka pintu untuk rally besar, sementara penutupan di bawah akan berarti bahwa emas tetap dalam konsolidasi, ”kata kepala strategi pasar Bubba Trading, Todd ‘Bubba’ Horwitz.

Emas juga menunjukkan tanda-tanda mendapatkan permintaan safe-haven kembali, dengan investor mengalihkan perhatian mereka tidak hanya untuk aset risk-off tetapi untuk emas pada khususnya.

“Emas sekarang adalah lindung nilai yang layak atau permainan surga, terutama bagi para investor yang harus diinvestasikan dan khawatir tentang [ruang ekuitas],” kata Lawler.

 

Sumber Marketwatch, diedit oleh  PT Equityworld Futures Semarang