EQUITYWORLD FUTURES – Setelah empat stasiun KRL terintegrasi dengan layanan bus Transjakarta, PT KRL Commuter Jabodetabek (KCJ) masih menunggu stasiun lain untuk diintegrasikan.

Integrasi yang dinilai sudah siap adalah di Stasiun Manggarai dan Duren Kalibata.

“Stasiun Duren Kalibata setiap harinya melayani rata-rata 17.077 penumpang. Sementara Stasiun Manggarai melayani 16.219 penumpang. Dengan jumlah penumpang yang cukup banyak, integrasi dengan Transjakarta akan memberi manfaat bagi pengguna,” kata Direktur Utama PT KCJ Muhammad Nurul Fadhila melalui keterangannya kepada Kompas.com, Rabu (20/4/2016).

Adapun empat stasiun yang telah terintegrasi sebelumnya yaitu Stasiun Tebet, Cawang, Palmerah, dan Pesing.

Melalui integrasi dengan Transjakarta, penumpang KRL yang baru keluar dari stasiun bisa melanjutkan perjalanannya menggunakan layanan bus tersebut yang berada tepat di dekat stasiun KRL, dan sebaliknya penumpang bus Transjakarta bisa langsung menggunakan layanan KRL.

Nurul belum menjelaskan lebih lanjut sudah sejauh mana pembahasan mengenai integrasi lanjutan dengan PT Transjakarta. Menurut dia, pihaknya hanya menunggu realisasi integrasi sejumlah stasiun KRL dengan layanan Transjakarta.

Pada Senin (18/4/2016) lalu, Direktur Utama PT Transjakarta Budi Kaliwono sempat menyinggung lima stasiun KRL yang akan diintegrasikan dengan layanan transjakarta. Tetapi, Budi belum mengungkapkan di mana saja lima stasiun yang dimaksud.

Tahapan yang perlu dilalui untuk melangsungkan integrasi adalah membuat nota kesepahaman (MoU) dan membicarakan teknis pelaksanaan integrasi kedua moda tersebut di lapanga