EQUITYWORLD FUTURES – Pemerintah Kota (Pemkot) Administrasi Jakarta Barat menertibkan puluhan bangunan liar di bantaran Kali Krukut, Kecamatan Taman Sari, Jakarta Barat, Kamis (2/6/2016). Warga bantaran kali pun akan direlokasi ke Rusun Rawa Bebek.

“Sebanyak 44 bangunan liar di bantaran Kali Krukut dibongkar. Pasca-pembongkaran, akan dilaksanakan penataan kali, yang merupakan bagian program normalisasi kali di Jakarta yang nantinya dipasang sheetpile (turap),” kata Camat Taman Sari, Paris Limbong, Kamis (2/6/2016).

Ia mengatakan, sebanyak 17 dari 44 bangunan di bantaran kali Krukut dibongkar habis. Sementara itu, sisanya hanya dibongkar sebagian.

Wali Kota Jakarta Barat Anas Efendi mengatakan, rencananya 38 kepala keluarga akan dipindahkan ke rumah susun (rusun).

“Pemprov DKI telah menyiapkan sebanyak 38 unit rusun Rawa Bebek bagi warga Krukut yang terkena penertiban bangunan. Namun, hingga saat ini baru sebanyak 17 KK yang mendaftarkan diri untuk mendapatkan rusun,” ucap Anas.

Selain pemasangan sheetpile, Pemkot Jakbar juga membangun jalan inspeksi di bantaran Kali Krukut.

Tidak hanya kali Krukut, lanjut Anas, normalisasi berlanjut ke sejumlah aliran kali atau sungai lainnya di Jakarta Barat.

“Normalisasi sejumlah kali dan sungai di Jakarta Barat dilakukan agar tidak ada lagi banjir. Jadi, semua kali dan kali dibenahi sehingga aliran air saat hujan turun lancar,” ujar dia.