Puntung rokok pun bisa diubah jadi baterai super

Puntung rokok pun bisa diubah jadi baterai super

Nampaknya rokok tidak selamanya membawa pengaruh buruk bagi lingkungan. Penelitian terbaru menunjukkan bila puntung rokok bisa diolah kembali menjadi bahan baterai masa depan.

Tak bisa dipungkiri bila sampah sisa rokok yang dibuang sembarangan berkontribusi terhadap kerusakan lingkungan. Untuk mengatasi hal tersebut, sebuah tim peneliti asal Korea Selatan berniat mendaur ulang sampah filter rokok menjadi material yang dapat dimanfaatkan di alat-alat elektronik.

Filter rokok sisa akan diproses ulang menjadi lapisan pelindung dari elektroda yang terdapat pada ‘supercapasitor’ atau kapasitor super. Komponen tersebut diklaim mampu menyimpan energi listrik dalam jumlah besar dan diprediksi menggantikan baterai di masa depan

Penelitian tersebut menemukan bahan serat yang digunakan untuk membuat filter pada rokok dapat diubah menjadi material sejenis karbon khusus lewat proses yang disebut ‘pyrolysis’. Lapisan karbon yang dihasilkan memiliki pori-pori yang lebih kecil sehingga dapat meningkatkan kemampuan menyimpan energi supercapasitor.

Para peneliti bahkan menyatakan bila lapisan pelindung dari bekas puntung rokok menyaingi kualitas lapisan serupa yang terbuat dari karbon biasa yang banyak digunakan saat ini, Daily Mail (06/08).

Profesor Jongheop Yi selaku wakil pimpinan tim penelitian, mengungkapkan cara baru yang lebih ramah lingkungan ini kelak dapat diterapkan dalam produksi komputer, kendaraan listrik, hingga kincir angin yang digunakan untuk menyimpan listrik dalam jumlah masif.

Jika hasil penelitian ini bisa diterapkan dalam skala besar, dampak negatif yang dihasilkan oleh rokok bisa berkurang drastis. Hingga saat ini saja diperkirakan terdapat puntung rokok dengan berat total mencapai 766.571 ton. Jumlah ini menyamai berat dari 380 bianglala raksasa asal London, London Eye.

ewfsmg

PERHATIAN!
Managemen PT. Equityworld Futures menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk lebih berhati-hati terhadap beberapa bentuk penipuan yang berkedok investasi mengatasnamakan PT. Equityworld Futures dengan menggunakan media elektronik ataupun sosial media. Untuk itu harus dipastikan bahwa transfer dana ke rekening tujuan (Segregated Account) guna melaksanakan transaksi Perdagangan Berjangka adalah atas nama PT Equityworld Futures, bukan atas nama individu.