Pengelola Nama Domain Internet Indonesia (PANDI) akan meluncurkan Domain Tingkat Tinggi (DTT).ID, atau yang populer dengan sebutan apapun.id pada 17 Agustus 2014 yang bertepatan dengan ulang tahun Republik Indonesia ke-69.

Sejak pertama kali digunakan 21 tahun lalu, domain.ID hanya dapat digunakan sebagai Domain Tingkat Dua (DTD). Saat ini ada sebelas DTD.ID yang dapat digunakan sesuai peruntukannya masing-masing: co.id, web.id, or.id, sch.id, ac.id, net.id, biz.id, my.id, desa.id, go.id, dan mil.id. Mulai 17 Agustus publik dapat langsung menggunakan.id tanpa tambahan ekstensi di depannya.

Ketua PANDI bidang Sosialisasi dan Komunikasi, Sigit Widodo, mengungkapkan tanggal 17 Agustus 2014 memang dipilih sebagai tanggal peluncuran resmi domain apapun.id. Ini hadiah kami untuk ulang tahun Republik Indonesia ke-69. Selain punya presiden terpilih baru dan desain mata uang baru, kita juga akan punya nama domain internet baru,” ujarnya.

Sebelum rilis, PANDI telah melakukan tiga tahapan periode prioritas. “Tahapan pertama untuk pemegang merek, tahapan kedua untuk pemilik DTD.ID sebelumnya,” ujar Sigit. Tahapan ketiga yang dikenal sebagai Periode Landrush saat ini tengah berlangsung hingga 15 Agustus 2014.

Pada Periode Landrush, lebih dari seribu nama domain didaftarkan. “Beberapa nama yang sama didaftarkan oleh lebih dari satu pihak,” kata Sigit. “Pemenang yang berhak menggunakan nama domain itu akan ditentukan dengan sistem lelang,” lanjutnya lagi.

Nama-nama domain yang masuk ke proses lelang, di antaranya: agenda.id, diskon.id, diving.id,forklift.id, lampu.id, potret.id, toko.id, Safety.id, genset.id, media.id, bintang.id, bunga.id, software.id, triumphmotorcycles.id, magna.id, dan foto.id.

“Ada juga beberapa nama cantik yang hanya didaftarkan oleh satu pihak, seperti: internet.id, multimedia.id, download.id, pasar.id, market.id, dan beberapa nama lainnya,” ungkap Sigit.

Menurut Sigit, publik yang ingin ‘merebut’ nama-nama cantik itu masih punya kesempatan hingga 15 Agustus 2014 pukul 15.00 WIB. “Silakan mendaftar di www.domain.id,” ujarnya.

Mulai 17 Agustus 2014, nama domain apapun.id sudah dapat didaftarkan dengan cara biasa menggunakan prinsip pendaftar pertama atau first come first serve. “Pendaftarannya langsung ke registrar-registrar PANDI,