EQUITYWORLD FUTURES – Knalpot memiliki berfungsi sebagai saluran pembuangan sekaligus untuk meredam suara pembakaran di ruang bakar pada setiap kendaraan. Terkadang, peredam suara bawaan pabrik dirasa kurang maksimal. Pilihannya, para pengguna sepeda motor atau mobil memilih produk aftermarket yang sudah banyak dijual di pasaran.

Nah, bagi para pengguna skuter ikonis asal Italia, Vespa, jika knalpot standar dirasa masih kurang, Anda bisa menggantinya dengan peredam suara yang dijual di pasar aksesori aftermarket. Tapi disarankan jangan asal pilih, ada beberapa model yang direkomendasikan, seperti yang disarankan oleh Manto, pemilik bengkel Sccoter Layur.

Manto menyarankan, knalpot aftermarket untuk Vespa sangat beragam, mulai dari yang dibanderol murah hingga mahal serta kualitas biasa saja hingga terbaik. Semuanya tergantung dengan kebutuhan dan selera dari pengguna Vespa itu sendiri.

“Knalpot yang dibuat oleh bengkel knalpot juga bisa digunakan di Vespa, ada juga yang merek-merek bagus tapi harganya juga mahal. Sebenarnya ini tergantung budget sama selera konsumen saja,” ucap Manto saat ditemui Otomania di jalan Layur, No.88, Rawamangun, Jakarta Timur beberapa waktu lalu.

Knalpot bermerek, lanjut Manto, yang bisa menjadi rekomendasi ada ProSpeed dijual mulai di bawah Rp 1,5 juta hingga Rp 2 jutaan, sedangkan harga yang dipatok lebih dari itu seperti Malossi, Polini, Remus hingga Akrapovic.

“Kalau dirasa cukup menggunakan knalpot seperti ProSpeed ya silahkan, atau buatan bengkel knalpot. Semuanya balik lagi kepada selera dari pengguna Vespa itu sendiri,” kata Manto.