EQUITYWORLD FUTURES – Masalah yang sering dialami oleh mobil dengan umur di atas lima tahun adalah kaki-kaki. Sebab, selama itu, mobil tersebut sudah berjalan puluhan ribu bahkan ratusan ribu kilometer.

Jika kaki-kaki mobil bermasalah, otomatis tingkat kenyamanan saat berkendara menjadi berkurang. Sebab, peredam kejut tersebut saat melewati jalan yang kurang baik, tidak akan bekerja maksimal.

Tetapi jangan khawatir, sebab sekarang ini sudah banyak bengkel spesialis kaki-kaki. Salah satunya, bagi warga Jakarta Timur, bengkel alternatif yang bisa dikunjungi adalah Setia Motor (Lae SM) di Jalan Raya Pulogebang, No.83 Jakarta Timur.

Pemilik bengkel, Ronald Johanson Pakpahan, menjelaskan, rincian biaya mengganti kaki-kaki untuk mobil sejuta umat seperti Avanza, Xenia, dan sejenisnya dimulai dari Rp 200.000 hingga Rp 1,8 juta.

“Tergantung kerusakan kaki-kakinya. Sebab, jenisnya juga bermacam-macam,” ucap Ronald saat ditemui Otomania, belum lama ini.

Pria asal Medan ini melanjutkan, untuk mengganti tie rod satu pasangnya dikenakan biaya Rp 200.000, bearing roda dari Rp 280.000 hingga Rp 300.000 dan sokbreker satu pasang Rp 1,8 juta.

“Harga tersebut belum termasuk jasa pemasangan. Untuk sokbreker kita menggunakan merek Kayaba. Pemasangannya juga bisa ditunggu, hanya sekitar dua hingga tiga jam saja,” kata Ronald.