EQUITYWORLD FUTURES – Ishikawa Watanabe Laboratory telah membuktikan bahwa teknologi robotik telah berkembang sangat pesat. Laboratorium pengembangan asal Jepang ini menciptakan robot suit Jepang (gunting-kertas-batu) atau permainan adu jari yang tidak mungkin kalah melawan manusia.

Kok bisa? Secara umum, sebagaimana Nextren rangkum dari BGR, Senin (21/9/2015), robot buatan lab pengembangan yang tergabung dengan Universitas Tokyo ini menggunakan kamera dan teknologi pelacak gerakan.

Dengan kombinasi keduanya, robot suit ini mampu memprediksi bentuk tangan yang akan dibentuk oleh sang lawan. Hebatnya, setelah prediksi tersebut, si robot ini bisa langsung bereaksi mengeluarkan bentuk tangan yang mengalahkan manusia dalam bermain suit.

“Dalam versi ini, kami memasukkan teknologi pelacak berkecepatan tinggi ‘1ms Auto Pan-Tilt’ dan ‘Lumipen 2′ sebagai cara untuk memperluas daya tangkap dari sistem penglihatan berkecepatan tinggi,” ujar pihak lab.

“Dengan dimasukkan teknologi tersebut, menambah kemampuan sistem untuk secara dinamis melacak tangan manusia dan mengenali bentuknya dalam kecepatan tinggi, tanpa memperhatikan pergerakan, dan juga meningkatkan sinkronisasi antara gerakan tangan robot dan tangan manusia,” lanjut pihak lab.