EQUITYWORLD FUTURES – Bursa Jepang naik, dengan indeks saham acuan bersiap untuk menghapus kerugian bulanannya, setelah yen tetap melemah untuk hari kelima pada taruhan Federal Reserve akan bergerak untuk menaikkan suku bunga tahun ini.

Saham bank dan pembuat mesin memimpin kenaikan di indeks Topix pada istirahat perdagangan di Tokyo, menempatkan indeks berada  pada jalur untuk kenaikan 0,2 persen pada bulan Agustus, sementara yen sudah jatuh 0,9 persen terhadap dolar bulan ini. Topix bertambah 0,9% ke level 1,325.01, sementara Nikkei 225 menguat 0,8% ke 16,857.07. Untuk perdagangan mata uang, Yen-Dollar sedikit berubah di level 102,98.

EQUITYWORLD FUTURES Wakil Ketua Fed Stanley Fischer hari Selasa mengatakan bahwa setiap kenaikan suku bunga akan tergantung data, menyusul pernyataan pekan lalu dari Ketua Fed Janet Yellen bahwa kasus untuk pengetatan kebijakan moneter telah menguat.

Pedagang melihat di kemungkinan 59 persen untuk kenaikan suku bunga AS pada bulan Desember di pasar berjangka, naik dari 36 persen pada awal bulan.

Dengan keuntungan hari ini, indeks Topix berada di jalur untuk kenaikan bulanan pertama pada bulan Agustus dalam tujuh tahun. Sekitar dua saham naik untuk setiap satu yang jatuh pada indeks saham, dengan semua kecuali enam sektor dari 33 sektor industri yang ada di indeks ini meraih penguatan. Volume pada indeks yakni 10 persen lebih tinggi dari rata-rata intraday 30-hari, setelah minggu perdagangan yang tenang. – Equity world Futures