Walaupun sudah pernah dipamerkan beberapa bulan lalu, namun Samsung masih belum memberitahukan kapan jadwal resmi peluncuran smartphone baru mereka yang tidak menggunakan Android sebagai operating systemnya melainkan Tizen OS.

Seharusnya, apabila sesuai dengan jadwal awal, smartphone Samsung dengan Tizen OS ini akan diluncurkan pada bulan Juli 2014 lalu, namun entah kenapa ternyata sampai bulan berganti, produk tersebut masih belum ditemui di pasaran.

Kali ini satu kabar baru mengatakan bahwa diperkirakan smartphone Samsung dengan operating system Tizen ini akan diperkenalkan pada bulan Oktober 2014 mendatang di saat dihelatnya festival tahunan Diwali di India.

Dikutip dari Tech buffalo (22/09), banyak pengamat memperkirakan kenapa Samsung memundurkan jadwal peluncuran produk tersebut yaitu dengan alasan agar ketika pertama kali hadir dan digunakan oleh publik umum, operating system tersebut tidak akan mengundang banyak cerca karena selama ini Samsung identik dengan operating system milik Google yaitu Android.

Dengan kata lain, apabila Tizen OS mengalami kendala atau permasalahan besar dan memiliki kinerja, performa dan tampilan di bawah Android, maka Samsung sendiri yang akan menanggung risikonya.