Setelah yang muncul hanya rumornya saja, akhirnya Samsung benar-benar memperkenalkan produk mobile berbasis Tizen pertama mereka yang diberi nama Samsung Z.

Samsung Z ini adalah perangkat mobile dengan desain minimalis dan tipis yang dilengkapi dengan layar berukuran 4,8 inci SuperAMOLED dengan resolusi 1280 x 720 pixel.

Samsung juga telah melengkapi produk Tizen pertamanya ini dengan prosesor Quad-Core 2.3GHz (setara dengan Snapdragon 800) dan menggunakan operating Tizen 2.2.1.

Desain dari Samsung Z ini benar-benar berbeda dari produk Galaxy pada umumnya. Di dalamnya juga telah dilengkapi dengan fitur fingerprint dan sensor detak jantung.

Untuk kameranya, Samsung telah menyematkan lensa dengan resolusi 8MP di bagian belakang serta 2.1MP untuk yang bagian depan. Terdapat pula RAM sebesar 2GB dan ROM 16GB.

Kabarnya, Samsung Z ini akan diluncurkan secara perdana di Rusia pada kuartal ke-3 tahun ini. Namun, Samsung tidak memiliki rencana untuk merilisnya di pasaran Amerika Serikat dan Eropa karena masih takut untuk berspekulasi apakah produk dengan operating system baru dapat diterima secara baik atau tidak.

Selama ini Samsung lebih banyak menggunakan produk yang menggunakan Android sebagai operating systemnya dan beberapa lagi menggunakan Windows Phone. Dengan digunakannya Tizen ini, apakah nantinya secara perlahan Samsung akan mengurangi ketergantungan mereka terhadap Google selaku pemilik Android?