EQUITYWORLD FUTURES – “Model kembar” All-New Mazda MX-5 dengan bodi convertible, Fiat124Spider, segera meluncur di pameran otomotif akbar tahun ini. Edmunds, Senin (27/4/2015), mengatakan debut Fiat124Spider bakal terlaksana di Frankfurt Motor Show 2015 atau Los Angeles Motor Show 2015.

Saat dikonfirmasi ke Head of Fiat Brand North America Jason Stoicevich, belum ada pernyataan resmi terkait informasi itu. Stoicevich cuma menjelaskan 124 Spider adalah pilihan logis buat merek Italia itu, ada banyak warisan yang bakal diusung.

Nama 124 Spider telah digunakan untuk model convertible yang diproduksi Fiat pada 1966 – 1980. Meski begitu belum ada keterangan apakah di model modern ini Fiat tetap memilih desain bodi berkapasitas penumpang 2+2.

“124 Spider adalah nama yang sudah dikenal. Masyarakat telah mendapatkan pengalaman jadi akan ada nostalgia di sekitar itu. Ini masuk akal buat merek Fiat,” kata Stoicevich.

Fiat 124 Spider menggunakan platform yang sama dengan All-New Mazda MX-5. Keputusan itu diambil setelah sebelumnya grup Fiat-Chrysler ingin membuat model untuk Alfa Romeo hasil kerja sama dengan Mazda.

Belakangan, Fiat-Chrysler mengatakan ingin mempertahankan garis keturunan Alfa Romeo tetap berasal dari Italia, sebab produksi All-New MX-5 dilakukan di Jepang.

Beda dengan All-New MX-5 yang memakai mesin 2.0L Skyactiv, kemungkinan 124 Spider menggunakan mesin 4-silinder 1.4L milik Fiat. Keterangan soal harga 124 Spider masih gelap, namun dipastikan model baru ini akan menyentuh dealer tahun ini.