EQUITYWORLD FUTURES – Di saat industri teknologi sedang ramai-ramainya mengembangkan jam tangan pintar, ternyata sudah ada perusahaan yang sudah “bermain” di pasar itu sejak tahun 90-an. Perusahaan tersebut tidak lain dan tidak bukan adalah Samsung.

Pada tahun 1999, seperti dirangkum KompasTekno dari Phone Arena, Senin (18/5/2015), perusahaan asal Korea Selatan ini pernah merilis sebuah perangkat jam tangan pintar bernama SPH-WP10.

Produk ini sebenarnya tidak sepenuhnya masuk ke kategori jam tangan pintar. Ia merupakan sebuah perangkat ponsel yang berbentuk jam tangan. Samsung sendiri menyebutkan, SPH-WP10 terinspirasi langsung dari film sci-fi, saat pemeran film menggunakan perangkat seperti jam tangan dan dapat digunakan untuk menelepon.

Meskipun begitu, layaknya sebuah ponsel pada umumnya, perangkat tersebut memiliki fungsi yang tidak jauh berbeda dari jam tangan pintar zaman sekarang. Ia bisa digunakan untuk menelepon dan mengirimkan pesan singkat, dan mungkin saja, mengirim e-mail jika saja SPH-WP10 sudah dipersenjatai dengan kemampuan internet.

Akan tetapi, perangkat tersebut memang tidak dilengkapi dengan jaringan internet. Mengetik di perangkat itu juga dijamin akan cukup sulit, mengingat kecilnya bentang layar yang dimiliki.

SPH-WP10 memiliki bobot sekitar 50 gram dan ketebalan sekitar 2 cm, cukup standar. Perangkat itu juga dilengkapi dengan antena yang dapat dikeluarkan dari bagian samping.

Perangkat wearable ini dilengkapi dengan layar monochrome dan juga tombol fisik untuk bernavigasi antar menu. Ada juga sebiah tombol fisik lainnya yang dapat digunakan untuk menjalankan fitur perintah via suara.

Apa saja kemampuan dari SPH-WP10? Perangkat tersebut dapat digunakan untuk menelepon selama 90 menit. Ya, baterai dari perangkat itu ternyata hanya dapat digunakan untuk kegiatan panggilan suara selama 90 menit dalam satu kali charge penuh. Selain itu, seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, SPH-WP10 bisa digunakan untuk berkirim pesan singkat.

Samsung menargetkan penjualan perangkat tersebut untuk anak muda. Sayangnya, produk itu tidak pernah mendapatkan perhatian dari konsumen. Buktinya, Sammy, panggilan akrab Samsung, tidak pernah mengembangkan seri kelanjutan dari SPH-WP10.

Tidak diketahui alasan mengapa ia gagal di pasar. Ada yang beranggapan bahwa sulitnya mengoperasikan alat tersebut menjadi alasan utamanya. Ada juga yang menyatakan bahwa konsep perangkat ini terlalu canggih untuk zaman itu.

Samsung sendiri saat ini sudah merilis berbagai produk jam tangan pintar lain, seperti Galaxy Gear dan Gear S.