EQUITYWORLD FUTURES – Sejumlah warga Pasar Ikan, Penjaringan, Jakarta Utara, jatuh pingsan saat diangkut paksa Satpol PP, Senin (11/4/2016) ketika aparat menertibkan pemukiman liar di daerah itu. Mereka diangkut untuk dipindahkan ke sejumlah rumah susun (rusun) yang telah disediakan Pemprov DKI Jakarta.

Warga yang tak sadarkan diri itu kemudian langsung dibawa ke rumah sakit terdekat dengan menggunakan mobil ambulans.

Warga yang mayoritas perempuan dan anak-anak diangkut paksa petugas dengan menggunakan bus sekolah. Mereka sempat melawan saat petugas menyuruh mereka masuk ke dalam bus. Sempat terjadi aski saling dorong antara petugas dan warga. Saat itulah terjadi sejumlah orang pingsan.

Wakadishub Provinsi DKi Jakarta, Sunardi Sinaga mengatakan, pihaknya menyiagakan 10 unit bus sekolah untuk mengangkut warga.

“Ada 10 unit yang bersiaga. Ini bertujuan agar penertiban ini tidak terhalang,” kata Sunardi, Senin.

Warga ber-KTP DKI Jakarta di lokasi yang tergusur akan langsung diantar menuju rusun Rawa Bebek, Jakarta Timur, dan rusun Marunda, Jakarta Utara.

Dalam proses penertiban tersebut, polisi mengamankan empat orang warga yang diduga sebagai provokator. Keempat terduga provakotor itu saat ini tengah diamankan di pos Tiga Pilar.

Hingga pukul 09.30, proses penertiban sudah mencapai zona 2, yakni Pasar Akuarium.