EQUITYWORLD FUTURES – Fenomena selfie sebenarnya sudah ada sejak masa-masa awal fotografi. Namun, fenomena ini semakin meluas saat banyak orang menggunakan media sosial dan gawai berkamera.

Pada dasarnya, eksplorasi kamera ponsel tak hanya dapat diekspresikan dengan selfie. Jika digunakan secara maksimal, kamera ponsel juga dapat memberikan manfaat bagi penggunanya.

Berikut ini beberapa hal selain selfie yang bisa Anda lakukan dengan kamera ponsel:

Memindai dokumen

Kamera yang disematkan pada ponsel pintar memiliki kemampuan untuk memindai dokumen secara praktis. Caranya, mirip saat mengambil gambar. Letakkan dokumen yang ingin dipindai, lalu rekam dengan kamera. Dokumen hasil pindaian dapat disimpan dengan format PDF ataupun JPEG.

Membaca QR-Code

Selain dapat memindai dokumen, kamera ponsel dapat pula digunakan untuk membaca barcode. Dari hasil pindaian tersebut, akan didapat informasi seperti nama dan harga barang, bahkan bisa memunculkan dokumen atau tautan tertentu.

Webcam atau kamera pengaman

Kelebihan lain kamera ponsel adalah dapat digunakan sebagai pengganti webcam di laptop. Namun, fasilitas ini tak termasuk dalam fitur bawaan. Pengguna harus menginstal fasilitas tersebut dari toko aplikasi Android.

Selain dapat menjadi webcam  pengganti, aplikasi tersebut juga dapat memaksimalkan fungsi kamera sebagai kamera pengaman. Cara kerjanya mirip seperti kamera pengintai atau closed circuit television (CCTV).

Mencari rasi bintang

Memakai aplikasi di Android seperti Star Chart dan Google Skymap, pemilik ponsel pintar dapat melihat rasi bintang melalui kamera gawainya. Cukup ikuti arahan kamera pada aplikasi tersebut untuk menemukan rasi bintang tertentu. Rasi yang terekam akan dilengkapi dengan informasi nama-nama bintang.

Thinkstock Berkat aplikasi Android seperti Star Chart dan Google Skymap, pemilik ponsel pintar dapat melihat rasi bintang melalui kamera ponsel.

Merekam momen

Fungsi dasar kamera ponsel adalah merekam gambar. Selain selfie, kamera ponsel dapat dimanfaatkan untuk merekam foto atau video saat dalam perjalanan. Agar video terlihat menarik, cobalah membuat kolase video.

Salah satu ponsel pintar yang memiliki fitur tersebut ialah Samsung Galaxy Note 5. Dengan fitur kolase video, ponsel ini mampu menggabungkan empat video klip dalam satu frame.