EQUITYWORLD FUTURES – Berdasarkan hasil “bedah” perangkat yang dilakukan beberapa waktu lalu, diketahui bahwa kapasitas baterai iPhone 6s sedikit lebih kecil dibandingkan iPhone 6. Meskipun begitu, berdasarkan pengujian, ternyata kemampuan baterai iPhone 6s ternyata lebih baik dari generasi sebelumnya itu.

iPhone 6s sendiri memiliki baterai 1.715 mAh. Sedangkan iPhone 6 memiliki baterai 1.810 mAh, berbeda 95 mAh dari generasi setelahnya itu.

Berkat pengujian yang dilakukan oleh Phone Arena, yang dirangkum oleh KompasTekno, diketahui bahwa baterai milik iPhone 6s lebih efisien dari sebelumnya. Perangkat tersebut dikatakan mampu bertahan selama 8 jam 15 menit dalam pengujian.

Phone Arena Pengujian Baterai

Sementara itu, iPhone 6 yang notabene memiliki baterai lebih besar, hanya mampu bertahan selama 5 jam 22 menit, berbeda nyaris 3 jam.

Waktu penggunaan yang dimiliki oleh iPhone 6s pun berhasil mengalahkan beberapa smartphone kelas atas, seperti Galaxy S6 Edge buatan Samsung dan Xperia Z3 Plus buatan Sony.

Berdasarkan hasil pengujian, terlihat bahwa Samsung Galaxy S6 Edge mampu bertahan selama 8 jam 11 menit dan Xperia Z3 Plus bertahan selama 7 menit 15 menit.

iPhone 6s hanya kalah dari Xperia Z3 Compact dan Galaxy S6 Active. Xperia Z3 Compact mampu bertahan selama 10 jam 2 menit dan Galaxy S6 Active bertahan selama 12 jam 9 menit.

“Kekalahan” itu sendiri tampaknya terjadi karena baterai kedua perangkat tersebut memiliki kapasitas yang jauh lebih besar dari iPhone 6s. Xperia Z3 Compact memiliki baterai 2.600 mAh dan Galaxy S6 Active hadir dengan baterai 3.500 mAh.

Phone Arena mengatakan pengujian baterai dilakukan menggunakan web-script, yang didesain untuk mereplikasi konsumsi daya dari penggunaan sesungguhnya. Layar perangkat diatur menggunakan tingkat kecerahan yang sama, yakni 200-nit.