Perusahaan elektronik asal Korea Selatan, Samsung, berencana akan membangun pabrik komponen ponsel di Jakarta. Pembangunan pabrik senilai USD 20 juta itu direncanakan mulai pada September.

“Samsung itu kalau oleh saya sampaikan dia minta nggak di ekpose dulu. Tapi pada prinsipnya mulai bangun secara bertahap mulai September ini. Industri peralatannnya USD 20 juta,” ujar Menteri Perindustrian M.S. Hidayat di kantornya, Jakarta, Selasa (19/8).

Menurutnya, Samsung berniat membangun pabrik itu lantaran kebutuhan telepon genggam di Indonesia terus meningkat. Hidayat sempat membujuk Samsung untuk membangun pabriknya di luar Jawa.

“Tapi mereka keinginannya di sini (Jakarta). Indonesia merupakan pasar terbesar untuk ponsel Samsung,” ucapnya.

Terlepas dari itu, Kementerian Perindustrian juga menggelar pameran hasil wirausaha berbagai daerah dengan tajuk “Produk Binaan Tenaga Penyuluh Lapangan dan Wirausaha Baru”. Pameran digelar sejak hari ini hingga 19 Agustus mendatang, diikuti oleh 50 peserta.

Terdiri dari 30 Tenaga Penyuluh Lapangan Industri Kecil Menengaha (TPL-IKM) angkatan 2009 serta 20 TPL -IKM wirausaha baru.

“Dengan membangkitkan semangat kewirausahaan khususnya di kalangan generasi muda, dengan mempromosikan serta mengangkat produk-produk binaan dan hasil produksi TPL, sehingga penggunaan produk dalam negeri bisa lebih ditingkatkan,” ujar Direktur Jenderal Industri Kecil Menengah (IKM) Kemenperin Euis Saedah.

[yud]