Saat ini migrain atau sakit kepala sebelah sudah bukan merupakan penyakit yang aneh atau jarang dialami. Sudah banyak orang yang terserang migrain, bahkan menjadi pasien migrain tetap. Bagi beberapa orang yang memang mudah terkena migrain, tentunya hal ini sangat tidak menyenangkan.

Ada banyak hal yang bisa dilakukan untuk mengobati migrain, namun tentu saja yang paling baik adalah mencegah agar tak terkena migrain. Migrain biasanya dipicu oleh hal-hal tertentu dan berbeda pada setiap orang. Lantas, bagaimana cara agar kita bisa mencegah datangnya migrain?

Berikut adalah beberapa hal yang bisa membantu Anda mencegah migrain. Beberapa hal ini merupakan perubahan gaya hidup yang bisa Anda lakukan untuk mengontrol migrain agar tak sering datang, seperti dilansir oleh Web MD.

1. Jalani hidup dengan terjadwal

Bagi beberapa orang, migrain bisa disebabkan oleh hal-hal yang mendadak atau mengejutkan dalam kehidupan sehari-hari. Migrain tak menyukai kejutan dan ketertarikan yang berlebihan pada seseorang. Ketika hari-hari Anda menjadi tak teratur, aktivitas tak terjadwal, dan Anda sering mendapatkan kejutan, seringkali migrain akan mudah datang.

“Buatlah jadwal dan lakukan hari-hari Anda sesuai jadwal. Pastikan Anda tidur di waktu yang sama setiap hari, bangun di waktu yang sama setiap pagi. Tidur cukup, tetapi tidak berlebihan. Makan dengan teratur, dan lainnya,” ungkap ahli saraf Gretchen Tietjen dari University of Toledo’s Headache Treatment and Research Program.

Tentu saja hal ini tak selalu mudah dilakukan. Akan ada hal-hal tak terduga dan aktivitas dadakan seperti melakukan perjalanan yang membuat Anda jet lag dan lainnya. Namun hal ini masih tetap bisa dilakukan tanpa memicu migrain jika Anda melakukannya sesuai jadwal dan tidak mengganggu jadwal Anda.

2. Penuhi nutrisi tubuh

Migrain terkadang juga bisa disebabkan oleh kurangnya nutrisi atau cairan tubuh. Ketika seseorang mengalami dehidrasi atau telat makan, migrain bisa muncul. Ini bukanlah hal yang aneh, karena orang yang rentan terkena sakit kepala biasanya sangat terpengaruh dengan jumlah cairan dalam tubuhnya dan rentan terpengaruh oleh efek dehidrasi.

Jika Anda termasuk orang yang mudah mengalami migrain atau sakit kepala, pastikan untuk tidak pernah mengalami dehidrasi atau melewatkan makan. Penuhi nutrisi tubuh dengan makan makanan bergizi dan siapkan selalu botol air minum di dekat Anda agar tidak mengalami dehidrasi.

3. Perhatikan makanan yang dikomsumsi

Migrain tak hanya dipicu oleh kurangnya nutrisi melainkan juga jenis makanan yang Anda konsumsi. Bagi beberapa pasien migrain, makanan tertentu bisa memicu sakit kepala sebelah. Menurut spesialis sakit kepala Deborah Friedman dari University of Texas-Southwestern, hampir setengah dari pasien migrain biasanya mengetahui makanan yang bisa memicu migrain, dan hal ini berbeda-beda pada setiap orang.

Banyak makanan yang dikaitkan dengan migrain, biasanya adalah yang mengandung zat kimia bernama tyramine. Jika Anda curiga migrain disebabkan oleh makanan, coba telusuri lagi makanan apa yang bisa memicu migrain bagi Anda. Setelah mengetahuinya, cobalah untuk menghindari makanan tersebut agar Anda tak terkena migrain.

4. Olahraga

Olahraga teratur tampaknya sangat baik untuk banyak orang yang mengalami migrain, terutama jika mereka berolahraga di pagi hari. Tietjen menjelaskan bahwa saat ini penelitian tengah mengungkap bahwa olahraga seperti yoga sangat bermanfaat bagi pasien migrain.

Meski begitu, tak jarang juga olahraga justru menjadi pemicu migrain bagi beberapa orang. Hal ini biasanya disebabkan oleh olahraga yang terlalu keras, terlalu cepat, atau karena mereka mengalami dehidrasi ketika berolahraga. Karena itu, ketika melakukan olahraga, pastikan untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh sebelum dan setelahnya, jangan berolahraga terlalu keras dan lakukan pemanasan terlebih dahulu.

5. Kurangi stres

Stres juga salah satu penyebab terbesar munculnya migrain. Tentu saja Anda tak bisa menghilangkan semua stres yang dirasakan, namun ada hal-hal yang bisa dilakukan untuk mengurangi tingkat stres, mengurangi dampaknya, atau lainnya. Anda bisa melakukan hal-hal tertentu untuk mengurangi stres, seperti bermeditasi, olahraga, melakukan hobi, dan lainnya.

Yang terpenting dalam mencegah migrain adalah Anda harus mengetahui terlebih dahulu apa yang memicunya. Bagi setiap orang, pemicu migrain bisa berbeda-beda dan bermacam-macam. Jika perlu catatlah hal-hal yang bisa memicu migrain dalam jurnal untuk mengetahuinya. Dengan begitu Anda bisa memastikan hal apa yang paling mudah membuat Anda migrain dan menghindarinya.