EQUITYWOLRD FUTURES – Di masa depan, kegiatan bertani diperkirakan justru terjadi di tengah kota, bukan di pedesaan. Hal itu semakin mendekati kenyataan ketika sebuah firma arstektur asal London, Inggris mengembangkan Skyfarm.

Rogers Stirk Harbour + Partners membuat Skyfarm dengan bentuk sebuah menara hiperboloid yang mengombinasikan berbagai macam teknik pertanian, dari akuaponik sampai metode tradisional bertani menggunakan tanah.

Materialnya sendiri disusun dari kerangka bambu vertikal yang dirancang untuk bisa memroduksi energi bersih sendiri.

Proyek Skyfarm ini berhasil memenangkan penghargaan World Architecture Festival kategori Proyek Ekperimental Masa Depan pada 2014 dan dipuji oleh para juri sebagai proyek menyeluruh, terpercaya, dan indah.

Terinspirasi oleh tema “feed the world” atau “memberikan makan pada dunia” di Milan Expo 2015, Skyfarm dikembangkan untuk mengatasi krisis pangan global yang bisa diperparah apabila produksi makanan tradisional gagal mengimbangi cepatnya pertumbuhan populasi penduduk.

Sebagai alternatif lahan pertanian tradisional, Skyfarm menumbuhkan bahan makanan secara vertikal, bukan horizontal dan bisa terintegrasi dengan lingkungan perkotaan padat penduduk.

Struktur bertingkat Skyfarm yang dibuat dari bambu ringan membuat cahaya matahari yang masuk lebih optimal dengan diimbangi distribusi air yang efisien.

Struktur berskala dan adaptif di tingkat atas mendukung bermacam teknik agrikultur termasuk akuaponik yang mampu memroduksi tanaman dan ikan di dekat sistem loop tertutup.

Bagian dasar Skyfarm bisa dikonversikan menjadi pasar, restoran, atau ruang belajar untuk mengedukasi masyarakat tentang pertanian. Tanki air dan turbin angin ada di bagian paling atas Skyfarm.

Struktur Skyfarm juga dapat dibuah-ubah untuk digunakan dalam iklim berbeda. Misalnya ketika iklim dingin tiba, selungkup kulit ganda dan pemanas bisa diterapkan untuk mengoptimalisasi kondisi pertumbuhan tanaman.

“Meski Skyfarm menghabiskan biaya lebih tinggi dari standar pertanian skala industri, kemampuan untuk menumbuhkan bermacam tanaman dengan umur simpan pendek seperti stroberi, bayam, dan selada sekitar setahun dan dekat dengan pasar tanpa biaya pengiriman membuat Skyfarm menarik dan merupakan rencana berkelanjutan,” tulis sang arsitek.