EQUITYWORLD FUTURES – Smartfren Telecom punya harapan yang tinggi akan lini produk mobile router atau MiFi 4G LTE miliknya. Operator seluler tersebut berharap, perangkat-perangkat miliknya setidaknya mampu menyamai rekor penjualan “dongle”.

Yang dimaksud dengan dongle adalah modem berbentuk flash disk, yang bisa dihubungkan ke komputer melalui port USB.

“Kita berharap bisnis MiFi (Smartfren) bisa mengulang sejarah dongle pada tahun 2011 hingga 2012 lalu yang mencapai dua juta unit,” kata Arya Mada Prasaja, Data & IoT Devices Section Head Smartfren Telecom kepada KompasTekno di Seoul, Korea Selatan, Selasa (6/10/2015).

Meskipun begitu, Smartfren tidak mau terlalu ngotot untuk mengejar impian tersebut. Pasalnya, pasar untuk perangkat MiFi sendiri diketahui sudah tidak setinggi tiga hingga empat tahun lalu.

“Tapi MiFi pasarnya sudah tidak segitu (dua juta unit per tahun seperti dongle), tapi kita lihat nanti,” ujar Direktur Smartfren Telecom Roberto Saputra.

Sulit untuk diraih, bukan berarti membuat Smartfren menyerah mengejar impian tersebut. Operator yang besar di dunia CDMA ini memiliki berbagai strategi.

Salah satunya adalah dengan membanjiri pasar MiFi di Indonesia. Saat ini, Smartfren bakal memasarkan setidaknya 800.000 unit MiFi, yang digarap oleh tiga perusahaan.

Secara mendetail, menurut Arya, perusahaan tersebut telah memesan 450.000 unit MiFi dari Haier, 100.000 unit dari Huawei, dan 250.000 unit dari LG Innotek.

Selain itu, Smartfren dikatakan sedang berupaya menghadirkan MiFi baru yang telah mendukung Cat 6. Itu artinya, perangkat tersebut bakal memiliki teknologi carrier aggregation dan kecepatan unduh hingga 300 Mbps.

Sekadar informasi, carrier aggregation merupakan teknologi yang dapat menggabungkan dua frekuensi yang berbeda atau menjalankan dua frekuensi tersebut dalam waktu yang bersamaan. Biasanya, teknologi ini dapat mengizinkan operator untuk meraih coverage sinyal yang luas, sekaligus kecepatan internet yang tinggi.

Apabila sudah dirilis nanti, MiFi 4G LTE Cat 6 tersebut akan diposisikan di kelas premium.

Saat ini, perangkat MiFi milik Smartfren yang ada saat ini paling tinggi baru mendukung Cat 4. Modem dengan tipe tersebut dikatakan akan diletakkan satu kelas di bawah Cat 6.

“Bisa dibilang untuk pasar entry user itu menggunakan MiFi dengan teknologi Cat 4 dan Cat 6 yang premium,” pungkas Arya.