EQUITYWORLD FUTURES – Sudah 20 tahun Intel membantu Stephen Hawking berkomunikasi dengan dunia luar.

Walau lumpuh dan tak bisa berbicara karena menderita kelainan syaraf Amyotrophic Lateral Sclerosis, fisikawan terkemuka tersebut bisa menulis buku, berpidato dan berbincang dengan bantuan voice synthetizer yang mengeluarkan suara seperti robot.

Rahasinya adalah sebuah software “asisten komunikasi” yang dikembangkan secara khusus oleh Intel. Kini, software yang sama bisa dijajal semua orang secara gratis. Namanya adalah “Assistive Context-Aware Toolkit” atau ACAT.

“Prosesor Hawking adalah instrumen terpenting dalam proses perancangan, pengembangan dan validasi software ini,” begitu tertera pada blog resmi Intel yang dihimpun Nextren (19/8/2015).

Intel berharap makin banyak orang dengan keterbatasan fisik yang akan terbantu oleh software ini. Karenanya, Intel memberi kesempatan kepada para pengembang dan peneliti untuk terus meningkatkan kualitas ACAT dengan membuka akses konfigurasi sang software.

“Para pengembang bisa memperluas sistem ini dengan menyematkan antarmuka baru, sensor baru, prediksi kata dan fitur-fitur lainnya,” kata perwakilan Intel.

Saat ini, ACAT menggunakan webcam untuk pengenalan wajah pengguna. Ke depan, Intel mendorong para pengembang untuk menambahkan kemampuan pengenalan lain yang lebih canggih.

Bagi kamu yang ingin mengunduh ACAT, bisa membuka tautan ini. Jika ada yang mau ditanyakan, kamu bisa menghubungi penanggung jawab software Lama Nachman di lama.nachman@intel.com.

Namun perlu diketahui, ACAT hanya bisa berfungsi untuk PC dengan sistem operasi Windows XP atau yang lebih baru saja. Sejauh ini Intel belum berencana membuka akses ACAT bagi pengguna Mac.