EQUITYWORLD FUTURES – Setiap produk yang diageni PT United Tractors Tbk (UT), termasuk bus dan truk merek Scania akan mendapatkan jaminan layanan purna jual atau dijuluki, UT Guaranteed Product Support (UT GPS). Konsumen tidak perlu khawatir mengenai kepastian pengiriman suku cadang, mekanik hingga jangka waktu perbaikan.

Lantas, untuk bengkel atau whorkshop bus dan truk merek Scania di Indonesia sudah tersebar di wilayah mana saja dan berapa jumlahnya?

Harijadi Mawardi, Kepala Divisi Pemasaran Truk & Bus PT United Tractors Tbk (UT), menjelaskan, di Jakarta sendiri tersebar di beberapa wilayah. Workshop bus dan truk di jalan Raya Bekasi km 22, Jakarta Timur. Fungsinya melayani servis berkala, turun mesin hingga pembelian suku cadang asli.

“Fasilitasnya kita punya 5 bays perbaikan unit, ruang tunggu pengemudi, training centre, hingga tempat alat-alat, dan warehouse,” ujar Harijadi di kantor pusat United Tractors di kawasan Cakung, Jakarta Timur, Senin (25/4/2016).

Aditya M/KompasOtomotif Kebijakan pemerintah membuka keran impor truk bekas akan menekan pebisnis lokal.

Selain itu, ada support point di Cawang. Konsumen utamanya bus TransJakarta dengan total 52 unit. Terakhir di Klender yang melayani bus dari Mayasari Bakti. Jumlah busnya mencapai 56 unit tipe 320 articulated.

Beralih ke luar kota, support point tersedia juga di Rembang, Yogyakarta, Cilegon, Cirebon. Perbedannya, hanya ada gudang dan kantor, sehingga pengerjaannya didukung menggunakan mobil yang akan datang ke tempat konsumen.

Aditya Maulana – KompasOtomotif Mobil servis Milik Scania untuk TransJakarta

“Kita untuk workshop di setiap cabang ada, seperti di Surabaya, Semarang. Kalau support point memang seperti itu dan kebanyakan untuk mengakomodir bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP),” ucap Harijadi.