EQUITYWORLD FUTURES – Komisi A DPRD DKI Jakarta berencana mengunjungi warga Kalijodo, Jumat (26/2/2016) ini. Rencananya, anggota DPRD yang akan mengunjungi Kalijodo seperti Sekretaris Komisi A Syarif, Khotibi Achyar atau Haji Beceng, serta Gani Suwondo.

“Insya Allah hari ini, sekitar jam setengah 3 atau jam 3 kali ya. Karena ini kan hari Jumat masalahnya,” kata Syarif, saat dihubungi wartawan, Jumat pagi.

Syarif mengatakan, kunjungan anggota DPRD DKI ke Kalijodo untuk memberi semangat kepada warga setempat. Selain itu, mereka juga akan mengimbau kepada aparat setempat agar tidak ada pertumpahan darah pada hari eksekusi, Senin (29/2/2016) mendatang.

“Kami mau menemui warga untuk memberikan semacam dorongan moral untuk bersabar, ya kan,” kata Syarif.

Kondisi di Kalijodo saat ini sudah seperti kota mati karena warga sudah berangsur meninggalkan Kalijodo. Mereka direlokasi ke Rusunawa Marunda dan Pulogebang.

Sebagian warga memilih pulang kampung ke kampung halamannya. Setelah rapat dengan Dinas Perumahan DKI, Syarif memandang masih banyak permasalahan yang dihadapi warga Kalijodo.

“Misalnya warga yang tidak berhak mendapat rusun malah dapat (rusun). Kemudian ada juga yang sudah dapat (unit rusun), enggak dipulangin kuncinya, karena dapat lantainya paling atas. Sementara situasi kesehatannya enggak memungkinkan,” kata anggota fraksi Partai Gerindra itu.

Selain itu, ia juga mendorong terbukanya tempat usaha di rusun tempat relokasi. Sebab, warga harus dapat memperbaiki perekonomiannya setelah bangunannya ditertibkan oleh Pemprov DKI Jakarta. Syarif berjanji akan mengomunikasikan hal ini kepada Pemprov DKI Jakarta.