Mabes TNI memberikan baret hitam dan brevet bagi para gubernur se-Indonesia. Jenderal Moeldoko menganggap para kepala daerah sebagai mitra TNI untuk mempertahankan NKRI.

Namun jangan dikira gampang mendapatkan baret hitam tersebut. Para gubernur harus ‘diplonco’ lebih dulu.

Pertama, para gubernur itu harus mengikuti latihan matra udara dengan materi mobil udara menuju lapangan Ambalat dengan menggunakan Helikopter Super Puma, Helly MI-17 dan Helly Bell TNI AL.

Selanjutnya melaksanakan latihan matra darat materi menembak pistol jarak 15 meter dan dilanjutkan latihan Matra Laut dengan melaksanakan materi Raid Amphibi.

“Penyematan baret dan brevet TNI kepada Gubernur seluruh Indonesia ini setelah mengikuti simulasi kegiatan latihan tiga angkatan meliput AD, AL dan AU. Simulasi latihan ini adalah suatu gambaran kegiatan TNI dalam menjalankan tugas latihan maupun tugas operasi,” ujar Moeldoko di Surabaya, Senin (6/10).

Moeldoko berharap brevet kehormatan dan baret hitam yang dikenakan oleh para Gubernur pemerintah daerah menjadi pengikat kesatuan usaha TNI bersama pemerintah daerah dalam membangun daerah dan menghadapi berbagai ancaman. Baik pada aspek keamanan guna menghadapi ancaman yang mengganggu kedaulatan maupun ancaman kemiskinan dan kebodohan yang dapat menurunkan nilai kesejahteraan rakyat.

Apa komentar para gubernur yang mendapat penghargaan ini? Berikut, seperti yang berhasil dihimpun merdeka.com, Selasa (7/10):