Selama ini antioksidan dikenal sebagai salah satu penyelamat dalam hal kesehatan bagi manusia. Banyak orang yang mengonsumsi makanan kaya antioksidan untuk melindungi diri mereka dari penyakit berbahaya seperti kanker. Selain mendapatkan antioksidan secara alami dari sayur dan buah-buahan, banyak juga yang mengonsumsi suplemen antioksidan untuk melindungi diri mereka.

Namun jangan terlalu cepat menganggap suplemen antioksidan sebagai hal yang menyehatkan. Sebuah percobaan terhadap suplemen antioksidan selama ini belum memberikan hasil yang positif mengenai apakah antioksidan bisa menurunkan risiko kanker. Bahkan sebaliknya, beberapa percobaan terhadap suplemen antioksidan juga menunjukkan bahwa suplemen tersebut terkait dengan meningkatnya tingkat penyebaran kanker. Pada sebuah percobaan terhadap perokok diketahui bahwa perokok yang mengonsumsi lebih banyak suplemen beta karoten ternyata justru mengalami peningkatan risiko kanker paru-paru.

Penelitian dalam New England Journal of Medicine menunjukkan bahwa suplemen antioksidan tak terbukti bisa menurunkan perkembangan kanker, justru sebaliknya malah membuat kanker semakin parah, seperti dilansir oleh Science Daily (10/07).

Drs Tveson dan Chandel menjelaskan bahwa suplemen antioksidan tak bisa bermanfaat untuk mencegah kanker karena suplemen tidak bereaksi langsung terhadap bagian sel yang memproduksi perkembangan kanker. Suplemen bekerja jauh dari sel sehingga tak akan berpengaruh terhadap perkembangan kanker. Jumlah antioksidan alami pada sel kanker lebih tinggi sehingga bisa digunakan oleh sel untuk perlindungan, sehingga mereka bisa terus tumbuh dan berkembang.

Namun menurut Tuveson dan Chandel, terapi yang menaikkan tingkat antioksidan dalam sel bisa digunakan untuk membunuh sel kanker. Selanjutnya peneliti berharap agar citra mengenai suplemen antioksidan bisa berubah di mata masyarakat. Suplemen antioksidan tidak bisa memberikan banyak manfaat untuk membunuh sel kanker, sebaliknya justru bisa mempercepatnya. Peneliti juga berharap menemukan cara baru untuk menggunakan antioksidan sebagai salah satu cara membunuh sel kanker.