EQUITYWORLD FUTURES – Sebuah surat dengan tulisan tangan dari Ratu Elizabeth II yang menceritakan kisah romantisnya dengan Pangeran Philip sebelum keduanya menikah pada 1947 terjual dalam sebuah lelang.

Surat yang ditulis saat sang Ratu masih berstatus putri kerajaan berusia 21 tahun itu, mengungkapkan tahap-tahap awal hubungannya dengan Philip di masa perang hingga pesta dansa yang mereka hadiri.

Dua lembar surat yang ditulis kepada penulis Betty Shew itu terjual dengan harga 20.750 dolar AS atau sekitar Rp 274 juta.

Pembelinya surat yang dijual di rumah lelang Chippenham itu adalah seorang kolektor yang tak disebutkan identitasnya.

Betty Shew menulis buku berjudul “Royal Wedding” yang dijadikan cendera mata dalam pernikahan Elizabeth dan Philip.

Saat itu, Elizabeth setuju untuk membagi kisah hubungan asmara dengan sang perwira AL Inggris itu yang terlahir sebagai seorang pangeran Yunani dan Denmark.

“Pertemuan pertama saya dengan Philip yang bisa saya ingat adalah di Akademi Angkatan Laut di Dartmouth, pada Juli 1939, beberapa saat sebelum perang. (Kami mungkin sudah bertemu dalam upacara penobatan atau pernikahan Duchess of Kent, tapi saya tidak ingat),” demikian tulis Ratu Elizabeth II.

“Saat itu saya berusia 13 tahun dan dia 18 tahun, seorang kadet AL yang akan pergi bertugas. Dia bergabung dengan AL menjelang perang pecah dan kami bertemu hanya di saat dia cuti. Saya bertemu dia, dua kali dalam tiga tahun,” tambah Ratu.

Dalam surat itu, Ratu Elizabeth juga menceritakan bahwa cincin pernikahan mereka dibuat dari emas Wales dan desainnya dirancang sendiri oleh Philip.

“Saya tak tahu sejarah batu itu, kecuali batu itu dibuat dengan sempurna. Batu itu diberikan kepada saya tak lama sebelum pertunangan kami diumumkan,” tambah Ratu.

Ratu juga menceritakan, bagaimana Philip berdansa dengan dia di dua klub malam di kota London dan bagaimana mereka menghabiskan enam pekan di Istana Balmoral, Skotlandia, tempat berlibur keduanya.

“Kami berdua sangat suka berdansa. Kami berdansa di Ciro’s dan Quaglino’s serta di beberapa pesta,” lanjut sang Ratu.

Ratu Elizabeth, yang berulang tahun ke-90 pekan lalu, memiliki empat orang anak dari perkawinannya dengan Philip (94). Keduanya kini bahkan sudah memiliki cucu buyut.