Kota Jakarta memang seringkali dicap sebagai kota yang sibuk dan padat. Padahal dibalik itu semua, ada surga tropis yang indah di Teluk Jakarta. Di sinilah terbentang gugusan kepulauan yang dikenal dengan nama Taman Nasional Laut Kepulauan Seribu.

Jika selama ini Anda mengenal Bali sebagai tempat yang memiliki laut paling indah, Jakarta sebenarnya memiliki panorama yang serupa di Pulau Seribu. Anda tidak perlu lagi jauh-jauh ke Bali jika ingin menikmati alam tropis laut Indonesia.

Meskipun diberi nama Pulau Seribu, gugusan pulau-pulau di sini sebenarnya kurang lebih ada 342 pulau saja. 20 pulau diantaranya ideal sebagai lokasi wisata dari 45 pulau wisata umum dan wisata khusus. 6 pulau diantaranya telah menjadi kawasan wisata dengan sarana dan prasarana yang memadai seperti Pulau Biadadari, Pulau Putri, Pulau Ayer, Pulau Kotok, Pulau Sepa, dan yang terakhri adalah Pulau Pantara.

Surga di balik padat ibu kota, Taman Nasional Kepulauan Seribu

Seperti halnya wisata laut lain di Indonesia, Anda bisa menikmati olahraga air seperti diving atau snorkeling di sini. Sebagian besar pulau di kepulauan ini tidak berpenghuni dan berupa pulau pasir dengan terumbu karang. Namun sayang sekitar 17 pulau sudah tenggelam akibat abrasi alam.

Berbagai macam kekayaan flora dan fauna bisa Anda temukan di Taman Nasional Laut Kepulauan Seribu karena sebagian besar pantainya dikelilingi oleh hutan bakau. Hutan bakau inilah yang menjadi rumah bagi biawak, ular cincin emas dan piton. Diperkirakan ada 17 jenis burung, 350 jenis ikan karang, 2 jenis kima, 3 kelompok ganggang, 101 jenis moluska, 237 jenis terumbu karang, dan 6 jenis rumput laut yang tinggal di kawasan ini.

Sudah saatnya Anda berlibur sejenak dan mengunjungi Taman Nasional Laut Kepulauan Seribu. Tertarik?