Koalisi Merah Putih (KMP) kembali memenangkan kursi pimpinan parlemen. Kali ini bersama perwakilan dari anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD), KMP berhak atas kursi Pimpinan MPR.

Wasekjen Partai Demokrat, Ramadhan Pohan kemarin mengatakan, melihat kemenangan Koalisi Merah Putih (KMP) dalam pertarungan memperebutkan kursi Pimpinan MPR merupakan kemenangan kelima bagi kubu KMP.

“Koalisi Merah Putih untuk kali ke-5 mengalahkan Koalisi PDIP-Jokowi. Setelah kekalahan pilpres KMP, skor sekarang KMP unggul jauh,” ucap Ramadhan saat dihubungi, Rabu (8/10) kemarin.

Menurut Ramadhan, strategi memasang Zulkifli Hasan sebagai calon Ketua MPR dan EE Mangindaan sebagai Wakil Ketua MPR di menit-menit terakhir merupakan strategi yang pas untuk memenangi kursi Pimpinan MPR meski kubu Koalisi Indonesia Hebat (KIH) menyiapkan kursi Ketua MPR untuk DPD.

Hal mengejutkan terjadi dalam perebutan pimpinan MPR kemarin, di mana Partai Persatuan Pembangunan (PPP) membelot dari KMP dan beralih gabung dengan KIH. Namun rupanya langkah yang dilakukan oleh PPP ini tidak bisa membuahkan hasil. KMP tetap unggul, sementara KIH harus tetap menelan pil pahit kekalahan.

Namun PPP masih bisa berharap kursi menteri dari Jokowi. Apalagi Jokowi memberi sinyal akan memberikan jatah kursi buat partai ka’bah.

Berikut lika liku PPP yang akhirnya harus merelakan kursi pimpinan MPR, dan DPR, namun masih bisa berharap kursi menteri, seperti yang berhasil dihimpun merdeka.com, Kamis (9/10):