EQUITYWORLD FUTURES – PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk menargetkan menjadi pusat digital internasional alias international digital hub. Untuk itu, saat ini perseroan tengah menarik kabel telekomunikasi hingga ke Amerika dan Eropa Barat.

“Kami menarik kabel sampai ke Los Angeles dan sampai ke Eropa Barat. Sekarang sudah on going” kata Direktur Utama Telkom Alex J Sinaga di Kementerian BUMN, Jumat (9/9/2016).

Menurut Alex, pihaknya menargetkan sebagian segmen kabel telekomunikasi bawah laut yang melintasi Timur Tengah, Eropa Barat, dan Amerika tersebut akan rampung pada 2016 ini. Perseroan menargetkan seluruh jaringan kabel bawah laut tersebut dapat selesai pada 2017 mendatang.

EQUITYWORLD FUTURES Alex mengungkapkan, keseluruhan panjang kabel tersebut mencapai 42.000 kilometer. Adapun kabel yang sampai ke Eropa Barat tersambung ke Timur Tengah dan Indonesia. Sementara kabel yang terhubung hingga ke Amerika melintang melewati Manado, Sulawesi Utara.

“Kami membuat jaringan khusus dari Batam dan Manado itu untuk menampung itu. Sekarang kami sudah punya alternatif lewat Jasuka (Jawa, Sumatera, Kalimantan), karena ini volumenya besar kami khusus menarik di Batam dan Manado,” jelas Alex.

Terkait investasi, Alex mengaku perseroan tidak meminjam dana terlalu banyak. Ia memperkirakan, keseluruhan investasi yang dirogoh perseroan untuk proyek ini berkisar Rp 1 triliun dan Rp 2 triliun.

Menurut Alex, kabel bawah laut yang terhubung hingga ke Eropa Barat dan Amerika ini akan mampu meningkatkan traffic atau lalu lintas komunikasi. Pasalnya, perseroan melihat adanya tren peningkatan traffic dari Eropa ke Asia dan dari Asia ke Amerika.

“Makanya kami sudah membuat business plan karena memang potensinya besar. Kami sudah punya point of presence (PoP) di semua titik yang traffic-nya cukup besar, di London, Amerika, Timur Tengah, dan Hong Kong,” terang Alex. – Equity world Futures