Tidak hanya bergerak dalam bidang layanan jaringan saja, ternyata PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom), melalui anak perusahaannya PT Premises Integration Service (Pins Indonesia) siap mengambil alih hingga 30 persen saham PT TiPhone Mobile Indonesia Tbk.

Selama ini, PT TiPhone Mobile Indonesia Tbk merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang perdagangan dan distribusi voucher pulsa telepon selular, kartu perdana dan telepon selular.

Untuk itu, agar Telkom dapat memperkuat posisi pada bisnis ekosistem digital yaitu device, network dan application (DNA), maka pembelian saham TiPhone tersebut merupakan langkah yang tepat dan harus diambil.

“Kami siap masuk ke TiPhone untuk memperkuat posisi Telkom pada bisnis ekosistem digital yaitu Device, Network, Application (DNA). Awalnya masuk melalui penyerapan saham right issue 10 persen dan berencana membeli saham pendiri TiPhone hingga akhirnya bisa mencapai 30 persen,” kata Direktur Utama Telkom Arief Yahya di Jakarta, seperti dikutip dari Antara, Senin (08/09).

Arif juga menambahkan bahwa saat ini Telkom sudah memiliki jaringan broadband dan bermain di aplikasi di mana kondisi industri seluler saat ini adalah penetrasi SIM Card yang telah melewati populasi.

“Ini membuat Telkom tak cukup hanya menguasai connectivity dan network saja, tetapi juga bermain di device,” ujar Arief.

Dengan masuknya Telkom di TiPhone akan membuat posisi daya tawar Telkom ke vendor-vendor ternama lebih kuat untuk pengadaan smartphone, selain juga bisa meningkatkan penetrasi smartphone di Tanah Air.