EQUITYWORLD FUTURES – Kawasan Belitung dan Belitung Timur merupakan dua dari sekian titik lintas Gerhana Matahari Total (GMT) terbaik. Turis ramai berdatangan, kebutuhan jaringan komunikasi penduduk pun meningkat.

Hal itu sudah diantisipasi Telkomsel. Jaringan 4G LTE operator pelat merah tersebut telah menjangkau kawasan pusat kota di Kabupaten Belitung dan Belitung Timur.

Lokasi utama seperti Bandara, Hotel BW, Bundaran Batu Satam, dan Manggar, diklaim lancar jaya untuk pengaksesan jaringan internet cepat.

Tempat wisata populer semacam Pantai Tanjung Tinggi, Tanjung Kelayang, dan Tanjung Pendam juga disebut sudah diselimuti 4G LTE, sebagaimana tertera pada keterangan pers yang diterima KompasTekno, Rabu (9/3/2016).

Secara total, ada 15 BTS 4G yang dioperasikan Telkomsel di Belitung. Dengan ini, pelanggan dapat menikmati internet dengan kecepatan unduh rata-rata 50 Mbps.

Direktur Network Telkomsel Sukardi Silalahi mengatakan, persiapan Telkomsel jelang GMT dilakukan secara total. Tujuannya pelanggan bisa terus menikmati layanan data berkualitas terbaik, sekalipun terjadi lonjakan trafik komunikasi di lokasi-lokasi padat wisatawan.

“Tidak hanya masyarakat setempat, layanan Telkomsel 4G LTE ini juga dapat dinikmati oleh para wisatawan, baik dari dalam negeri dan mancanegara,” kata dia.

Penggugahan foto dan video diharapkan bisa lebih cepat dan mulus. Pengguna pun bisa berbagi momen langka GMT secara real-time.

Selain kesiapan jaringan, Telkomsel juga menjamin ketersediaan kartu SIM 4G LTE atau USIM di berbagai lokasi. Dengan begitu, pelanggan tak kesulitan menukarkan kartu SIM lama dengan USIM.