Jika Anda penggemar film atau novel ‘Harry Potter’, pastinya sudah familiar dengan invisible cloak atau jubah ajaib yang bisa membuat orang yang memakainya menghilang. Nah, jubah tembus pandang itulah yang kini tengah dibuat oleh peneliti dari Rice University.

Salah satu tantangan besar yang dialami oleh peneliti untuk membuat sebuah teknologi jubah tembus pandang adalah membuat sebuah bahan yang dapat merubah sifat cahaya yang mengenainya atau sering disebut ‘metamaterial’, Engadget (15/09). Perubahan spektrum cahaya yang dipantulkan oleh metamaterial dianggap dapat menyamarkan si pengguna dengan keadaan sekitar. Sehingga metamaterial bisa menjadi alat kamuflase terbaik yang pernah ada.

Rice University saat ini berusaha membuat lapisan jubah pintar dari metamaterial agar dapat berfungsi layaknya kulit gurita. Untuk membuat lapisan jubah tersebut digunakan batang aluminium super kecil (berukuran nano) untuk menghasilkan tampilan tajam seperti layar LCD dan mudah mempolarisasikan cahaya untuk menjadi tidak terlihat.

Lapisan aluminium nano untuk metamaterial

Lapisan luminium nano untuk metamaterial

Piksel yang dipakai untuk membuat lapisan jubah tersebut diklaim lebih kecil hingga 40 kali ketimbang piksel yang ada biasa ditemukan di layar LCD. Tidak berhenti di situ, Rice University juga bekerja untuk mengombinasikan lapisan jubah canggih mereka dengan teknologi ‘light-sensing’ untuk lebih memudahkan si jubah membaur dengan lingkungan sekitar.

Teknologi jubah ‘Harry Potter’ ini kemungkinan besar akan digunakan untuk membuat pakaian tentara dan lapisan luar kendaraan perang agar tidak terlihat supaya mudah memasuki area musuh. Dengan pakaian dan kendaraan tembus pandang, bukan tidak mungkin bila tentara masa depan bisa menghapuskan terorisme dalam sekejap mata.